Bulog Diimbau Serap Cabai Merah Guna Menekan Harga

0

Pertanianku – Guna menekan harga cabai yang saat ini sedang melonjak, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pemerintah memberikan tugas pada Perum Bulog menyerap produksi cabai merah guna mengantisipasi adanya disparitas harga tinggi selama musim penghujan.

Bulog Diimbau Serap Cabai Merah Guna Menekan Harga

“Kami sepakat menugaskan BUMN untuk menyerap sehingga rantai pasoknya bisa lebih pendek karena harganya naik di atas 100%, disparitasnya pun 100% lebih,” ungkap Mentan, sebagaimana dilansir Antaranews (25/10).

Mentan mengatakan meski harga cabai naik, produksi dan pasokan cabai masih aman. Itu terlihat dari harga cabai di tingkat petani yang berkisar Rp14.000—Rp15.000 per kg.

Pemerintah juga mengantisipasi penurunan suplai cabai selama musim penghujan dengan membuat lumbung cabai di beberapa kabupaten, salah satunya di Malang, Jawa Timur.

“Kami minta pada Dirjen dan Direktur di Kementerian Pertanian untuk menjaga produksi cabai pada saat off season agar tetap aman seperti saat peak season,” tutur Amran.

Menteri Pertanian menjelaskan pula bahwa pasokan bawang dan beras aman hingga 2017.

“Alhamdulillah ada penurunan 0,9% harga beras sekarang. Stok kita kurang lebih 2 juta ton, itu cukup untuk kebutuhan dalam negeri sampai Mei 2017,” jelas Amran.

loading...
loading...