Cara Jitu Budidaya Ikan Koi

Pertanianku – Ikan koi merupakan satu dari sekian banyak ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Ikan koi juga merupakan ikan primadona saat ini. Pasti Anda akan memiliki kebanggaan tersendiri jika memelihara ikan koi di rumah. Terlebih ikan ini memiliki warna yang sangat menarik dan cantik, yakni warna emas dengan berbagai corak warna-warni. Ikan koi pertama kali dipopulerkan di Jepang. Nmun, ikan ini baru masuk ke Indonesia pada 1960-an. Hingga kini ikan koi masih banyak diburu.

Cara Jitu Budidaya Ikan Koi

Bagi sebagian orang, memelihara ikan koi bukan sekadar hobi, melainkan dapat menjadi lahan bisnis. Beberapa orang telah mencoba peruntungan dengan berbisnis budidaya ikan koi merasa senang. Pasalnya, ikan koi selalu mempunyai tempat tersendiri bagi penggemarnya. Inilah yang menjadikan bisnis ikan koi selalu memiliki pangsa pasar yang bagus. Terlebih, harga ikan koi dibanderol cukup tinggi di pasaran.

Sekalipun tergolong mudah dibudidayakan, tidak semua orang bisa memelihara ikan koi ini dengan baik dan benar. Oleh karena itu, banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin membudidayakan ikan koi. Berikut langkah-langkah budidaya ikan koi sebagai peluang bisnis.

  1. Persiapan kolam

Untuk memulai budidaya ikan koi kolam harus disiapkan terlebih dahulu sebagai langkah awal. Jenis kolam yang digunakan ada banyak jenis, mulai dari kolam semen, kolam tanah, kolam taman, ataupun kolam terpal. Untuk ukuran kolam yang ideal adalah berukuran minimal 1,5 m × 2 m, dengan kedalaman 50—80 cm.

  1. Air

Air yang digunakan adalah air tawar. Ikan koi akan berkembang baik jika habitatnya terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan filter berlapis untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam. Tingkat keasaman ideal sekitar 6,5—8,5 pH. Sirkulasi air juga harus terjaga dengan baik, dan harus disediakan pompa yang dapat mengalirkan air 25 liter per menit.

  1. Pakan ikan

Jika Anda menginginkan hasil ikan dengan kualitas baik, pemberian pakan harus menjadi prioritas utama. Pasalnya, jika Anda ingin hasil ikan berkualitas harus diimbangi dengan pemberian pakan yang baik. Pemilihan pakan yang bagus dan sesuai akan menghasilkan ikan koi dengan warna kulit yang cerah, terang, dan tampak indah serta kesehatannya pun terjaga.

Pakan ikan ini ada dua macam, yakni pakan alami dan pakan buatan. Jika menginginkan pertumbuhan yang cepat dapat digunakan pakan jenis wheat germ yang mengandung protein 32%. Sementara itu, untuk membuat warna kulit ikan menjadi lebih cerah dapat menggunakan pakan yang mengandung karoten.

Demikianlah tata cara budidaya ikan koi. Cukup mudah untuk dilakukan bukan?

loading...
loading...