Cara Membuat Kandang Ayam Serama

Pertanianku – Bagi ayam, kandang merupakan tempat tinggal, tempat bereproduksi, mengerami telur, tempat untuk membesarkan anak-anaknya, dan berkembang biak. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan kandang harus nyaman, tidak kepanasan atau kedinginan, dan mempunyai ventilasi yang baik agar udara segar selalu masuk, selalu bersih dan tentunya bebas dari bakteri pengganggu.

Cara Membuat Kandang Ayam Serama

Kandang merupakan hal penting yang perlu disiapkan jika Anda membudidayakan ayam. Untuk mendapatkan kandang, Anda dapat membelinya atau bahkan membuatnya sendiri. Jika membuat sendiri, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Selain itu, bentuk kandang akan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Luas kandang berukuran sekitar 1,2 m × 2,5 m × 1,7 m. Biasanya, dalam 1 kandang bisa diisi sekitar 1 jantan dengan 6—8 betina. Bahan kandang bisa terbuat dari ram atau kawat besi. Untuk ayam serama yang masih kecil dan sudah dipisah dari indukannya, kandang yang sesuai adalah kandang khusus yang mempunyai dinding meskipun hanya satu sisi.

Sebagai penghangatnya, Anda bisa memakai lampu bohlam 25 watt. Jika suhu udara sangat dingin, bisa diganti lampu 40 watt.

Ukuran kandang bergantung pada umur dan jumlah ayam. Jika sudah agak besar, ayam serama bisa dipindahkan ke kandang yang berukuran lebih besar. Kandang bisa berbentuk kandang baterai, bisa juga berbentuk tingkat dengan ukuran masing-masing kotak tidak terlalu lebar. Ini disesuaikan dengan luas lahan dan jumlah ayam yang Anda miliki.

Seperti misalnya ayam serama yang sedang bertelur bisa diletakkan dalam kandang tersendiri atau bisa diletakkan dalam sudut kandang umbaran. Sebagai alas untuk meletakkan telur bisa menggunakan kotak dari kayu atau plastik dan diisi jerami.

Ayam serama memiliki sedikit kendala dalam mengerami dan menetaskan telur. Posturnya yang mungil tidak memungkinkan mengerami semua telur yang dimilikinya. Sebaiknya, cukup 8—10 butir saja yang dieramkan. Sementara itu, sisa telurnya bisa dititipkan diindukan yang lain. Anakan serama yang baru menetas bisa diletakkan dalam boks berpenghangat.

Ayam serama yang akan diikutkan dalam kontes usahakan untuk diletakkan dalam kandang yang terpisah dengan ayam serama lain. Ini dimaksudkan agar serama jantan tidak mengawini betina yang bisa mengakibatkan bulunya mengalami kerontokan. Tentu ini akan mengurangi poin saat penilaian dalam kontes ayam serama.

loading...
loading...