Cara Mengolah Mengkudu Menjadi Ramuan Herbal

Pertanianku – Mengkudu merupakan tanaman obat yang banyak digunakan di Indonesia karena memiliki manfaat yang melimpah. Terlebih, tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Cara Mengolah Mengkudu Menjadi Ramuan Herbal

Buah mengkudu memiliki anti-oksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati tumor. Selain itu, mengkudu juga dapat menurunkan kolesterol dan menyembuhkan penyakit jantung. Perokok dapat menyebabkan kolesterol tinggi dari stres oksidatif, peneliti melakukan penelitian untuk menguji efek dari buah mengkudu.

Meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, melawan tumor dan kanker, mengatasi peradangan, mengatur siklus suasana hati (mood), mengatur fungsi sel, meregenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak, adalah sedikit dari sekian banyak manfaat buah mengkudu.

Mengetahui manfaat mengkudu yang luar biasa bagi kesehatan seharusnya membuat Anda wajib mengonsumsi buah ini. Buah mengkudu memang memiliki aroma yang kurang sedap dan rasanya tidak enak. Namun, jika tidak pandai mengolahnya, bisa-bisa khasiatnya terbuang percuma. Berikut beberapa cara mengolah mengkudu agar lebih enak untuk dikonsumsi.

Membuat jus mengkudu:

Agar jus mengkudu Anda terasa lebih nikmat, berikut cara pengolahannya.

  • Siapkan 2—3 buah mengkudu setengah matang, yaitu buah yang sudah berwarna kekuningan tetapi belum terlalu matang. Disarankan tidak memilih buah mengkudu yang sudah matang karena baunya menyengat.
  • Cuci bersih buah mengkudu.
  • Buang semua biji buah mengkudu. Hal ini bertujuan memudahkan proses penghancuran saat diblender.
  • Masukkan buah mengkudu yang telah dibuang bijinya ke blender dan tambahkan sedikit air matang.
  • Tambahkan madu atau sirup dengan rasa buah. Lalu, blender hingga buah mengkudu benar-benar cair.
  • Saring jus yang dihasilkan dan tambahkan es batu secukupnya.
  • Minum segera selagi jus masih segar dan nikmat.

Olahan mengkudu tanpa blender:

Mengkudu tidak selalu harus diblender dalam pengolahannya. Berikut olahan mengkudu dengan cara yang lebih sederhana.

  • Ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang, lalu potong menjadi empat bagian. Peras buah mengkudu hingga semua airnya keluar. Berikutnya, tambahkan 1 sendok makan madu pada sari mengkudu dan aduk rata.
  • Ambil 1 buah mengkudu lalu rebus dengan 2 gelas air. Biarkan buah mengkudu menyusut hingga tersisa 1 gelas air. Lalu, campur dengan seruas jari kencur saat perebusan. Minum sari mengkudu ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Itulah cara-cara mengolah mengkudu menjadi ramuan herbal yang kaya manfaat. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba dan merasakan khasiatnya.

loading...
loading...