Cara Mudah Membuat Pakan Burung Merpati


Pertanianku – Burung merpati termasuk salah satu burung yang banyak dipelihara dan disukai oleh masyarakat. Burung merpati terbagi dalam tiga jenis, yaitu merpati hias, merpati pos, dan merpati konsumsi. Hal yang utama saat memutuskan untuk memelihara burung adalah pakannya. Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan pemberian pakan pada burung yang akan dipelihara.

Misalnya, jika Anda lebih tertarik untuk memelihara merpati konsumsi, Anda dapat memberinya pakan berupa biji-bijian atau pakan buatan seperti pelet. Sementara itu, jika Anda memelihara merpati pos, jenis merpati satu ini biasanya dipelihara untuk diadu kemampuan terbangnya. Cara memelihara merpati ini tidak sama seperti memelihara merpati pada umumnya. Untuk mendapatkan merpati pos dengan kemampuan terbang yang yang baik, pemberian pakan yang bergizi sangat dibutuhkan guna menunjang kemampuan terbang burung itu sendiri.

Makanan yang biasa diberikan pada merpati pos adalah segala biji-bijian dan sayuran. Biji-bijan tersebut antara lain jagung kuning, beras, gabah, kacang hijau, kacang panjang, kedelai, jewawut, dan kacang tanah. Biji-bijan diletakkan dalam wadah pakan atau dapat pula ditaburkan di atas lantai yang bersih. Perlu juga diberikan bayam, kangkung, kubis, wortel, seledri, selada, yang telah diiris kecil-kecil. Sayuran merupakan variasi makanan yang baik mengingat merpati pos tidak dilepas bebas di luar kandang. Burung ini hanya keluar pada saat tertentu saja.

Selain itu, merpati pos juga perlu diberi grit. Campuran mineral yang baik untuk grit adalah 40% hancuran kulit kerang, 35% pecahan batu kapur/granit, 10% pecahan arang kayu keras, 5% tepung kapur, 10% pecahan arang kayu keras, 5% tepung tulang, 5% tepung kapur, 4% garam, dan 1% venetian red. Bila bahan-bahan tersebut sulit diperoleh, dapat diganti dengan 95% hancuran kulit kerang.

Pemberian makanan dilakukan dua kali sehari. Pemberian air minum secara teratur juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan merpati pos.

Menjelang perlombaan, merpati pos diberi pakan yang memiliki kadar serat kasar yang cukup, misalnya gabah, di samping vitamin dan mineral. Serat kasar sangat berkaitan dengan kekuatan terbang. Selain itu, zat pada gabah ini dapat menyebabkan kotoran burung menjadi padat, tidak lembek. Namun, pemberiannya harus dikurangi selama perlombaan berlangsung.

Begitu pun sebaliknya, jika Anda memelihara burung merpati hias untuk dinikmati keindahan warna dan bentuk tubuhnya atau karena kelangkaan jenis merpati ini. Ada beberapa jenis merpati hias yang telah berhasil dipelihara dan dipentaskan. Pemberian pakan untuk merpati hias secara umum sama seperti pada merpati lainnya. Akan tetapi, pada merpati jenis ini kebutuhan vitamin dan mineral harus benar-benar diperhatikan agar burung tetap dalam keadaan sehat dan bulu-bulunya tampak baik dan mengkilap.

Berikut pemberian pakan untuk burung merpati secara tepat.

Pakan utama merpati hias berupa jagung, kacang hijau, tauge, dan biji-bijian lain, atau pakan buatan (Pur 521). Pemberian pakan utama dilakukan secara bergantian atau dibuat menjadi campuran biji-bijian yang diberikan setiap pagi dan sore.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, bisa diberikan vitamin dan mineral buatan. Kalk sebagai sumber kalsium diberikan sebanyak setengah tablet seminggu sekali. Vitamin B kompleks dan B12 diberikan dengan cara disuntikkan pada bagian dada secara intramuskular. Dosis yang digunakan masing-masing 0,25—0,40 ml. Bila diberikan secara bersama-sama, masing-masing dengan dosis 0,25 ml. Vitamin C berupa tablet juga perlu diberikan sebanyak 1 tablet per burung. Pemberian vitamin disesuaikan dengan keadaan burung.

Nah, itu tadi komposisi tepat untuk pakan merpati. Sesuaikan dengan jenis merpati yang Anda miliki ya!

loading...
loading...