Cara Pintar Merawat Kucing Anggora Kesayangan


Pertanianku – Apakah Anda seorang pecinta kucing? Jika ya, pasti Anda sangat mengenal salah satu jenis kucing ras yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Dialah kucing anggora. Bagi para hobiis kucing ras, kucing anggora memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, dari segi fisik, kucing ini sangat menggemaskan. Terlebih, kucing jenis ini memiliki badan yang besar dengan bulu semipanjang.

Cara Pintar Merawat Kucing Anggora Kesayangan

Dari segi perawatannya, kucing anggora berbeda dengan perawatan kucing kampung biasa. Memelihara kucing anggora juga memerlukan perhatian khusus. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika merawat kucing anggora dengan benar.

  1. Pemberian vaksin khusus kucing

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara kucing anggora, perlu diingat bahwa kucing juga membutuhkan vaksin seperti manusia untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Terlebih, untuk kucing anggora perlu memiliki sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya manusia saja yang perlu diberikan vaksin, kucing pun harus divaksin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Apalagi, anggora cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Umumnya, anak kucing pertama kali diberi vaksin pada umur sekitar 8—9 minggu. Namun, sebelum memberikan vaksin kepada kucing, sangat perlu memerhatikan kesehatan kucing kita terlebih dahulu. Apabila kucing kita kurang sehat atau tubuhnya sedang lemah, pemberian vaksinasi boleh ditunda sampai kucing kita benar-benar sehat.

Vaksin yang perlu diberikan kepada kucing anggora antara lain herpes, leukemia, dan rabies. Apabila kucing peliharaan tidak diberikan vaksin, daya tahan tubuhnya kemungkinan besar akan lemah dan lebih mudah terserang virus. Akibatnya, kucing akan mati. Kemungkinan yang lebih membahayakan adalah jika kucing kita terkena virus rabies yang dapat menular ke manusia, termasuk si pemiliknya sendiri.

  1. Menjaga kebersihan kandang

Ketika sudah memutuskan untuk memelihara kucing anggora, Anda pun harus siap untuk menjaga kebersihan kandangnya. Pasalnya, jika kandang kotor, berbagai macam penyakit dapat menyerang kucing.

Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer

Bersihkan kandang secara rutin minimal seminggu sekali. Untuk membersihkannya gunakan cairan desinfektan. Bagian kandang yang perlu dibersihkan seperti tempat makan, tempat minum, dan pasir untuk membuang kotoran kucing. Khusus untuk tempat kotoran kucing, Anda perlu membersihkan setiap hari agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Usahakan jangan sembarangan dalam membersihkan kandang kucing.

  1. Rutin memandikan dan perawatan bulu

Ketika Anda memelihara kucing anggora, usahakan memandikannya secara rutin, dua minggu sekali. Kegiatan ini harus rutin dilakukan untuk menjaga agar bulu kucing tetap bagus. Memandikan kucing harus menggunakan sampo khusus untuk menghilangkan kutu-kutu di tubuhnya.

Untuk bulu, usahakan selalu dirapikan agar kucing terlihat cantik. Sisirlah bulu kucing setiap hari. Kegiatan ini bertujuan merapikan bulu dan menyeleksi bulu-bulu yang sudah mati. Apabila bulu yang sudah mati tidak diambil, bulu kucing akan menjadi kusut alias gimbal. Selain itu, bulu yang sudah mati juga dapat menyebabkan hairball (gumpalan bulu yang masuk di dalam saluran pencernaan). Hal ini bisa terjadi saat kucing menjilati badannya, bulu-bulu yang sudah mati tersebut bisa masuk ke mulut kucing dan tertelan.

  1. Perhatikan makanan dan minumannya

Bagi Anda yang hobi memelihara kucing jangan lupa perhatikan makanan dan minuman yang akan diberikan pada kucing. Pasalnya, terdapat beberapa produk pakan kucing. Anda harus memutuskan merek pakan yang tepat untuknya. Hal ini karena tidak semua produk pakan baik. Biasanya, pakan basah tidak baik untuk kesehatan. Pakan yang dikemas dalam kaleng ini dapat berpengaruh pada bulu dan umur kucing. Pasti Anda tidak menginginkan bulu kucing kesayangan menjadi rusak. Bahkan, hal yang lebih parah lagi, kucing bisa mati karena kesalahan pemberian pakan. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan pakan kering saja.

Baca Juga:  Menekan Biaya Pakan dengan Enzim

Untuk minumannya, Anda boleh memberikan kucing peliharaan dengan air matang. Sesekali Anda pun dapat memberinya susu. Perlu diperhatikan, jangan berikan susu kemasan untuk manusia. Ini karena susu untuk manusia mengandung lactobasilus yang mengakibatkan kucing mencret. Berikanlah susu khusus kucing yang sudah tersedia di pasaran.

loading...
loading...