Cara Sederhana Budi Daya Pisang Cavendish

Pertanianku – Pisang cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer di dunia. Di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan pisang ambon putih. Mengonsumsi pisang secara rutin amat sangat dianjurkan. Ini karena pisang dikenal kaya akan vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Jenis pisang di Indonesia sangat banyak dan beragam, seperti salah satunya pisang cavendish.

Cara Sederhana Budi Daya Pisang Cavendish

Jika Anda ingin mencoba berbisnis di bidang pertanian, menjalankan bisnis budi daya pisang cavendish sangat disarankan. Pasalnya, budi daya pisang cavendish belum banyak dijalankan.

Budi daya pisang cavendish

Proses budi daya pisang cavendish sebenarnya ini memiliki langkah dan cara yang sama seperti dengan proses pisang yang lainnya. Namun, tidak banyak orang yang tahu jenis pisang ambon putih ini. Oleh karena itu, Anda bisa membudidayakannya dengan menciptakan kualitas rasa manis dengan teksturnya yang sempurna. Untuk menghasilkan pisang cavendish dengan kualitas baik, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan seperti berikut.

  1. Pemilihan bibit unggul.
  2. Penggunaan pupuk terbaik.
  3. Pengolahan lahan dengan kualitas penggemburan yang sangat sempurna.
  4. Pemahaman cara merawatnya.

Jika keempat tahap tersebut telah dilakukan, bisa dipastikan budi daya pisang cavendish yang Anda lakukan akan menghasilkan kualitas pisang yang baik dan unggul.

Pemilihan bibit unggul menjadi faktor utama untuk mendapatkan hasil panen yang sempurna. Pisang ini dikenal memiliki daging putih kekuningan, dengan rasa manis asam dan teksturnya yang lunak. Kulitnya pun sedikit tebal dengan warna kuning kehijauan.

Untuk memulai budi daya pisang cavendish, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat lubang berukuran sekitar 20×20 cm dengan kedalaman mencapai 20 cm. Jarak penanaman sekitar 3×3 m. Setelah lubang digali, masukkan pupuk kandang sebanyak 2 kg, pupuk puradon 1 sdm, dan pupuk NPK 1 sdm. Diamkan tanah selama kurang lebih 3 hari. Ini dilakukan untuk mengurangi dampak akan terjadinya panas yang bisa ditimbulkan.

Setelah 3 hari, bibit unggul yang sudah disiapkan bisa ditanam di lahan yang telah siap. Untuk perawatannya, Anda harus memberikan pupuk secara rutin setiap 2 bulan sekali dengan takaran 1 sdm, yaitu pupuk NPK. Anda juga tetap perlu mengontrol tanaman dan membuang ulat agar kualitas buah tidak cacat. Pisang cavendish baru bisa dipanen ketika berumur 12 bulan.

loading...
loading...