AS Ciptakan Teknologi Berkebun di Dapur


Pertanianku – Kegiatan bercocok tanam atau berkebun biasanya dilakukan di lahan yang yang agak luas. Bisa juga menggunakan pekarangan rumah yang tidak terpakai. Namun, sebuah perusahaan di Georgia Atlanta, Amerika Serikat, bernama Replantable mengembangkan inovasi berkebun di dalam ruangan (dapur).

Aneka tanaman bisa dibudidayakan di dapur seperti bunga, sayuran, buah, atau tanaman lainnya. Teknologi ini disebut Nanofarm, yang memungkinkan kita menanam sayur langsung di dapur.

Teknologi ini terdiri atas replantable kit yang berisi bibit tanaman, nampan air, wadah tanaman, dan sistem pencahayaan. Dengan semua perlengkapan itu, kita bisa menanam tanaman dengan subur meski di dalam dapur.

Tinggal tekan tombol “mulai” untuk memulai penanaman, dan kemudian tombol “panen” ketika tanaman sudah siap dipanen maka siapa pun bisa berkebun di dapur. Penyiraman, pencahayaan, dan pemupukan semua dilakukan secara mekanis.

Teknologi ini sangat cocok bagi para pekerja yang tidak memiliki waktu lebih untuk berkebun, tetapi ingin makan sayuran segar yang ditanam sendiri. Nanofarm telah dipasarkan melalui media online dengan harga awal $350 atau setara dengan Rp4,6 juta.

Nah, kalau Anda ingin menanam di dalam rumah, Anda bisa menggunakan teknologi tadi. Siap berkebun di dapur?

Baca Juga:  Pertanian Berbasis Teknologi Mampu Dongkrak Swasembada pangan
loading...
loading...