Ciri Fisik Ayam Bangkok Juara Kontes


Pertanianku – Ayam bangkok termasuk salah satu jenis ayam yang cukup populer di kalangan pecinta ayam, terutama di Indonesia. Tak heran banyak sekali orang yang ingin mencoba memeliharanya karena bentuknya yang sangat bagus.

Ciri Fisik Ayam Bangkok Juara Kontes

Di kalangan penggemar ayam bangkok, bentuk serta ciri fisiknya dipercaya mampu menggambarkan kualitas ayam bangkok. Meskipun tidak menjamin 100% benar, hal itu selalu menjadi patokan untuk memilih ayam bangkok yang bagus. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang akan membeli ayam bangkok terlebih dahulu selalu melihat bentuk dan fisiknya. Berikut ciri fisik ayam bangkok yang berkualitas bagus dan akan memenangkan kontes.

  1. Kepala

Pilihlah ayam yang memiliki bentuk kepala lebih kecil seperti buah pinang. Hal ini disebabkan banyak orang yang beranggapan ayam yang mempunyai bentuk kepala lebih besar itu sedikit agak bodoh. Sementara itu, ayam yang memiliki bentuk kepala lebih kecil menandakan ayam tersebut lebih cerdik.

  1. Kulit muka

Ayam yang mempunyai kulit muka tebal dan berkerut dipercaya memiliki pembawaan yang lebih tenang. Selain itu, ayam jenis ini lebih tahan terhadap pukulan lawan sehingga tidak mudah ambruk. Lain halnya dengan ayam yang mempunyai kulit muka tipis. Meskipun ayam bangkok mempunyai pergerakan yang gesit, ayam jenis ini lebih rentan ambruk saat terkena pukulan.

  1. Jengger

Jika ayam memiliki jengger kecil menandakan bahwa ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang gesit. Sebaliknya, jika ayam tersebut mempunyai jengger yang besar menandakan ayam tersebut mempunyai gaya bertarung yang tenang.

  1. Badan

Kamu bisa melihat gaya bertarung ayam bangkok melalui bentuk badannya. Jika bentuk ayam badan kurang dari 45 derajat, ayam tersebut suka menyerang bagian bawah. Sementara itu, jika ayam berbentuk tegap lebih dari 45 derajat, menandakan ayam suka menyerang bagian atas.

  1. Tulang dada
Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer

Perhatikanlah tulang ayam bangkok yang akan dibeli. Ada dua tipe ayam dengan tulang dada yang berbeda, yakni tipe ayam dengan tulang dada panjang dan tipe ayam dengan tulang dada pendek.

Ayam yang memiliki tulang dada panjang menandakan ayam tersebut mempunyai pukulan yang keras dan juga mempunyai daya tahan terhadap pukulan lawan. Namun, ayam ini memiliki kelemahan, yakni kurang lihai dalam memukul lawan.

Sebaliknya, ayam yang mempunyai tulang dada pendek menandakan bahwa ayam tersebut memiliki pukulan yang akurat, baik, dan kuat. Kelemahannya, ayam tipe ini kurang kuat dalam menerima pukulan atau serangan dari lawan.

  1. Paha

Ada dua hal yang perlu Anda ingat saat memerhatikan bentuk paha ayam yang akan dibeli, yakni jarak antara kedua paha ayam dan bentuknya.

Ayam yang jarak antara kedua paha sama lebarnya dari telapak tangan menandakan ayam tersebut mempunyai pukulan yang keras. Akan tetapi, jika ayam memiliki bentuk paha terlalu lebar, dia tidak akan memainkan jalu saat menyerang. Sebaliknya, ayam yang mempunyai bentuk paha yang terlalu sempit, pukulan yang dimiliki tidak mampu merubuhkan lawan.

Selain itu, bentuk paha ayam seperti belalang menandakan bahwa ayam tersebut memiliki kekuatan dan konsistensi pukulan yang cukup baik. Sementara itu, bentuk paha ayam yang seperti ayam goreng menandakan bahwa ayam tersebut memiliki jenis pukulan yang tirus, yakni semakin lama kekuatannya semakin berkurang.

  1. Ekor

Jangan lupa untuk perhatikan ekor ayam yang akan dipilih. Ayam yang memiliki ekor panjang menandakan bahwa ayam tersebut akan bertarung dengan tenang. Jika ayam mempunyai ekor pendek, menandakan bahwa ayam tersebut memiliki gaya bertarung yang gesit.

loading...
loading...