Daun Pepaya Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Pertanianku – Pepaya merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi di Indonesia. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganya pun bisa dikonsumsi. Bagi sebagian orang daun pepaya memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera. Sebagian lainnya tidak menyukai karena daun pepaya terasa pahit. Namun, tahukah Anda jika daun pepaya dapat mencegah penyakit jantung jika dikonsumsi? Pasti Anda tidak menyangka bukan?

Daun Pepaya Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk mencegah penyakit jantung seperti dilansir Bewellbuzz.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung. Cara paling aman untuk mengurangi risiko penyakit jantung menurut para ahli kesehatan adalah mengonsumsi daun pepaya. Ini karena mengonsumsi daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Daun pepaya mentah ukuran sedang (300 gm) mengandung 188 mg vitamin C, yang sangat efektif mencegah pengendapan kolesterol dalam plak arteri. Meningkatkan asupan vitamin C dapat mencegah pembentukan plak di arteri, yang pada akhirnya secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Membantu pengobatan hipertensi

Seseorang yang memiliki penyakit hipertensi harus meningkatkan asupan kalium. Ini karena asupan kalium membantu mengontrol tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA), kita perlu mengonsumsi 4.700 mg potasium setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.

Daun pepaya sangat kaya akan kalium dan membantu kita memenuhi kebutuhan kalium harian. Daun pepaya ukuran sedang (300 gm) mengandung 781 mg kalium, atau 16% dari kebutuhan harian kalium kita.

Jadi, makan daun pepaya setiap hari dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Dengan begitu, makan daun pepaya akan mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat lain daun pepaya adalah menyehatkan pencernaan. Pepaya mengandung papain, para ahli percaya enzim ini membantu menyehatkan pencernaan.

Pepaya mentah memiliki jumlah papain 3 kali lipat lebih tinggi dari pepaya matang sehingga lebih cocok untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa kimia tertentu yang dapat menghentikan mikroorganisme, dimana dapat berdampak buruk terhadap pencernaan. Selain daunnya, buah pepaya sendiri sarat dengan nutrisi penting seperti serat, folat, potasium, serta vitamin C, K, A dan E.

loading...
loading...