Demi Lahan Jagung 2 Juta Hektare Mentan Potong Dana Dinas


Pertanianku – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyiapkan anggaran Rp3 triliun untuk perluasan lahan tanam jagung. Dengan anggaran tersebut, dia akan menyediakan sekitar 2 juta hektare lahan baru untuk petani.

Demi Lahan Jagung 2 Juta Hektare Mentan Potong Dana Dinas

“Bukan slogan kata-kata yang menyenangkan, kami siapkan anggaran Rp 3 triliun, itu bukti cinta saya. Kami lepas biaya jalan dinas, kami dahulukan bapak ini bukan basa-basi,” ucap Mentan, seperti dikutip Merdeka.com (22/9).

Dengan adanya ketersediaan lahan yang cukup, Mentan berharap agar pengusaha dan petani bisa saling bersinergi. Jadi, kesenjangan antara keduanya akan hilang, bahkan saling memberi keuntungan satu sama lain.

“Nantinya petani rela mati di depan pengusaha pakan ternak kalau ini sinergi. Jadi tidak ada lagi jalan sendiri-sendiri, pengusaha pakan ternak sibuk dengan pakan, petani berteriak, ini tidak ada lagi,” imbuhnya.

Selain itu, pengusaha juga diminta untuk dapat menyerap hasil pertanian jagung dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni dengan pembelian Rp3.150 per kilogram. “Jangan sampai harga panen di petani jatuh ya, Pak. Kalau harga turun Rp1.500 dengan jumlah produksi 20 juta ton maka kerugiannya mencapai Rp20 triliun. Dengan begitu tidak ada artinya bantuan kita Rp3 triliun,” kata Menteri Amran.

Baca Juga:  Hidroponik Mudah dan Murah dengan Starterkit
loading...
loading...