Empat Makanan Berwarna Merah Ini Ampuh Lawan Penyakit

Pertanianku – Mengonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan. Pasalnya, dengan kita mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu menjaga kesehatan. Selain itu, menghindari ancaman berbagai jenis penyakit. Terlebih, kita memang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur.

lima-makanan-berwarna-merah-ini-ampuh-lawan-penyakit

Ditambah lagi buah dan sayur mengandung anti-oksidan alami yang bisa membantu kerja tubuh. Kandungan nutrisi pada sayur dan buah dapat menurunkan risiko terkena sakit jantung koroner, stroke, dan beberapa kanker lain. Sayur dan buah mengandung sedikit kalori yang dapat mencegah timbulnya obesitas. Warna pada sayur dan buah sangat memengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut lima manfaat buah dan sayur yang berwarna merah, seperti dilansir everynutrient.

Paprika merah

Ini merupakan salah satu jenis paprika yang sering kita temui di swalayan. Paprika merah termasuk sayur yang bebas lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Sayur ini kaya akan tiamin, vitamin B6, beta karoten, dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebut membantu tubuh kita dari bahaya kanker dan sakit jantung.

Pir merah

Seperti yang dilansir fruitsandveggiesmorematters.org, pir merah termasuk buah yang bebas lemak, lemak jenuh, natrium, dan kolesterol. Pir merah merupakan sumber yang baik untuk diet serat dan vitamin C. Buah ini dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan kaya akan nutrisi anti-oksidan.

Cranberries

Buah ini bebas lemak, kolesterol, sodium, dan menjadi sumber serat dan vitamin C. Cranberries dapat mencegah infeksi saluran kemih karena memiliki tingkat keasaman yang kuat.

Beet merah

Beet merah merupakan sejenis sayuran yang sering disebut ‘umbi merah’. Sayur ini bebas lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Beet juga kaya akan folat yang baik untuk ibu hamil dan janinnya. Ini karena asam folat berperan dalam pembentukan DNA pada proses erithropoesis. Proses pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit (butir-butir darah merah) dan perkembangan sistem syaraf.

loading...
loading...