Fakta Menarik Belimbing yang Wajib Anda Ketahui


Pertanianku – Belimbing (Averrhoa carambola L.) adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Bentuk belimbing menyerupai bintang jika dipotong. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, buah belimbing dikenal dengan nama starfruit.

Fakta Menarik Belimbing yang Wajib Anda Ketahui

Buah belimbing dikenal dengan rasanya yang manis bercampur asam. Warnanya kuning atau sedikit kehijauan dan kemudian berubah menjadi kuning kemerahan setelah matang. Bijinya kecil dan berwarna cokelat.

Belimbing merupakan tanaman buah yang biasa ditemukan di daerah-daerah tropis. Indonesia dan Malaysia merupakan asal pohon belimbing. Hingga akhirnya menyebar ke seluruh belahan dunia.

Di samping kenikmatan dan kesegaran yang ada pada buah ini, belimbing juga menyimpan berjuta manfaat. Manfaat-manfaat yang dimiliki buah belimbing manis ini ternyata sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Buah ini mampu menjadi anti-oksidan yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas dan pencegah menyebarnya sel-sel kanker. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C pada belimbing.

Selain itu, manfaat dari vitamin C yang terkandung dalam buah belimbing manis ini antara lain mencegah terjadinya sariawan serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang yang mengonsumsinya.

Buah belimbing manis juga mengandung pektin. Pektin tersebut berguna mengikat kadar kolesterol dalam tubuh dan asam empedu di dalam usus. Oleh karena itu, buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan pencernaan. Itulah beberapa fakta menarik belimbing. Pastikan konsumsi buah belimbing setiap hari jika ingin mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga:  Variasi Mangga di Indonesia Bertambah, Yuk, Cari Tahu!
loading...
loading...