Fakta Sehat Tentang Cabai


Pertanianku – Bagi orang yang menyukai rasa pedas, cabai adalah bahan makanan yang tidak boleh ketinggalan di setiap santapan mereka. Apalagi rasa pedas dari cabai mampu membuat lidah ketagihan dan membuat makan jadi lebih lahap.

Fakta Sehat Tentang CabaiSelain rasanya yang pedas, rupanya cabai juga memiliki manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh. Seperti dikutip laman Nutrition and You, berikut lima fakta sehat tentang cabai.

  1. Senyawa dalam cabai yang menyehatkan

Senyawa alkaloid dan capsaicin dalam cabai bersifat antibakteri, antikarsinogenik (zat yang menyebabkan kanker), dan antidiabetes yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa kedua senyawa dalam cabai tersebut mampu mengurangi kadar kolesterol LDL pada penderita obesitas.

  1. Sumber vitamin C

Cabai merah dan hijau ternyata merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Sebesar 100 gram cabai menyediakan sekirar 143,7 miligram vitamin C.

Sifat anti-oksidan dari vitamin C ini diperlukan dalam proses pembentukan kolagen pada tubuh seperti menjaga pembuluh darah, kesehatan kulit, organ bagian dalam, dan tulang. Bahkan, mengonsumsi vitamin C secara teratur mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kudis, resistensi terhadap infeksi, dan mengusir radikal bebas.

  1. Sumber vitamin A

Selain vitamin C, cabai juga memiliki vitamin A dan flavonoid yang tergolong dalam zat-zat anti-oksidan. Vitamin tersebut secara efektif melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan stres dan beragam penyakit.

  1. Mengandung kalium

Jumlah kalium, zat besi, dan magnesium dalam cabai ternyata tergolong banyak dan baik untuk mengisi kebutuhan sel dan cairan tubuh yang mampu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah.

  1. Vitamin B

Vitamin B1 dan B6 pada cabai juga menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kedelai, Petani Mulai Terapkan Teknologi
loading...
loading...