Fakta Unik Honey Badger

0

Pertanianku – Honey badger atau luwak madu, makhluk kecil dan tidak kekar, tubuhnya rata, kakinya kuat, dengan cakar yang panjang pada kaki depan untuk menggali dan pertahanan. Bulunya tebal dan kasar, sebagian besar hitam dengan garis abu-abu putih lebar yang membentang di punggungnya dari atas kepalanya hingga ujung ekor.

fakta-unik-honey-bagder

Hewan mamalia ini hidup di hutan dan padang rumput, Eropa ke Asia Timur. Tahukah Anda, hewan ini paling pemberani dan ditakuti oleh hewan lainnya. Bahkan, sempat masuk Guinness Book of Records dengan gelar “world’s most fearless animal” atau “makhluk yang tidak mengenal rasa takut”.

  • Honey badger menempatkan ranjang dedaunan dan menggantinya secara teratur dalam kamar (sarang) perkembangbiakan mereka.
  • Jika diserang ular berbisa, honey badger akan pingsan selama beberapa waktu. Tidak lama kemudian akan tersadar dan segera membunuh ular lalu menyantapnya.
  • Honey badger menemukan mangsanya melalui penciumannya yang tajam lalu menangkap sebagian besar mangsanya dengan cara menggali.
  • Pemanjat ulung yang dapat memanjat ke berbagai cabang pohon paling atas yang menjarah ke sarang burung dan sarang lebah.
  • Di Kalahari, hewan ini jarang terlihat minum air di kolam air yang tersedia. Kebanyakan kebutuhan air mereka berasal dari makanan dan dari melon tsama (Citrullus lanatus) saat musim berbuah.
  • Di Inggris, membunuh atau melukai honey badger atau merusak sarang mereka merupakan pelanggaran yang akan diganjar hukuman sampai enam bulan penjara dan denda sekitar 100 juta rupiah.
loading...
loading...