Fruit Indonesia Menjadi Ajang Keragaman Buah Lokal


Pertanianku – Festival Fruit Indonesia merupakan suatu ajang untuk memperkenalkan buah-buahan nusantara. Karena itu, festival ini diberi nama Fruit Indonesia 2016. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya mengeksplorasi kekayaan buah nusantara dan mempromosikan potensi ekspor ke mancanegara sebagai bagian Gerakan Revolusi Oranye. Acara ini diadakan atas kerjasama Kementerian Pertanian dan Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang diselenggarakan pada tanggal 17—20 November 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat.

Fruit Indonesia Menjadi Ajang Keragaman Buah Lokal

Festival Fruit Indonesia ini merupakan pameran buah terbesar di Indonesia. pengunjung akan mendapatkan pengalaman baru bernuansa pesta buah. Beragam buah khas Indonesia dan buah eksotis akan disuguhkan secara gratis di berbagai stand. Pengunjung dapat mengeksplorasi beragam jenis buah lokal pada festival ini.

Dalam acara pembukaan Festival Fruit Indonesia dihadiri oleh Presiden Joko Widodo didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Saat menghadiri pembukaan Festival Fruit Indonesia Jokowi mengatakan “Saya berharap melalui acara Fruit Indonesia 2016 ini menjadi langkah awal untuk Indonesia sebagai negara pengekspor buah utama dan terbesar di dunia, sehingga tingkat kesejahteraan petani buah meningkat,” ungkap Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Jokowi menambahkan, hal tersebut bukanlah mustahil dapat dilakukan, mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam melimpah, sehingga secara kualitas dan kuantitas dapat memenuhi kebutuhan pasokan buah.

Bahkan setiap daerah saat ini sudah memiliki produk buah unggulan dan telah ditanam dalam skala lahan yang sangat luas. Jadi, Indonesia bukan hanya memproduksi buah untuk ekspor, pertanian buah juga bisa dijadikan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik bagi wisatawan, dan tentunya hal ini membuka peluang juga dibidang agrowisata buah.

Baca Juga:  Kementan Tanam Bawang Putih di Tiga Lokasi Secara Serempak

Karena buah juga merupakan salah satu bagian dalam kebudayaan Indonesia. Karena hampir semua budaya di Indonesia memanfaatkan buah dalam berbagai acara adat.

Sementara itu, saat menghadiri pembukaan festival Fruit Indonesia 2016, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, saat ini Indonesia memiliki 12 varietas buah unggul yang telah diakui dunia menjadi buah asli Indonesia.

Mentan mengatakan “Pada acara Fruit Indonesia 2016 terdapat 120 daerah yang turut berkontribusi memamerkan buah dari daerah masing-masing.”

“Buah-buah tersebut antara lain, jeruk bali keprok, salak, pisang, durian, mangga, alpukat, manggis, nanas, rambutan, papaya, melon, dan semangka,” ucap Menteri Amran.

Pada 2014 tercatat Indonesia berhasil memproduksi varietas buah jeruk sebanyak 1.999 ribu ton, durian sebanyak 856 ribu ton, mangga sebanyak 2.464 ribu ton, manggis sebanyak 111 ribu ton, alpukat 306 ribu ton, nanas 1.874 ribu ton, rambutan 733 ribu ton, salak 1.036 ribu ton, pisang sebanyak 1.008 ribu ton, papaya 830 ribu ton, melon 184 ribu ton, dan semangka sebanyak 684 ribu ton.

loading...
loading...