Harga Cabai di Padang Rp60.000/kg


Pertanianku – Harga cabai di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga mencapai Rp.60.000/kg. Padahal, harga sebelumya hanya sekitar Rp48.000/kg.

Harga Cabai di Padang Rp60.000/kg

Lonjakan harga cabai ini terjadi karena sedikitnya pasokan cabai yang masuk ke pasar. Pedagang dan konsumen merasa resah akibat kenaikan harga cabai tersebut. Terlebih, hampir semua masakan di Padang menggunakan cabai sebagai bahan utamanya.

“Kenaikan sudah mulai sejak beberapa hari terakhir, hari ini harga cabai merah tembus Rp60.000/kg,” ucap salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Izal seperti dikutip Republika (13/10).

Izal mengatakan tingginya harga cabai saat ini disebabkan oleh kurangnya pasokan dari luar daerah. Rata-rata pasokan cabai, berasal dari Jawa dan Medan, dengan harga yang sama, yakni Rp60.000/kg. Kemudian untuk bawang merah saat ini harganya masih stabil, yakni Rp24.000/kg.

Pedagang cabai merah lainnya di Pasar Raya Padang, Teti, mengatakan hal senada, yakni beberapa hari terakhir harga cabai merah terus merangkak naik.

Teti memprediksi, meningkatnya harga cabai tersebut selain karena pasokan kurang juga cuaca beberapa waktu terakhir cukup ekstrem. Inilah yang mengakibatkan berkurangnya produksi cabai merah.

“Mungkin karena sering badai dan cuaca tidak menentu memengaruhi tingkat produksi cabai,” tutur Teti.

Sementara itu, salah seorang pembeli cabai merah di Pasar Raya Padang, Yulia Gustina menyebutkan, meskipun harga cabai naik, masyarakat pasti tetap membelinya.

“Ini merupakan bahan pokok yang harus ada dan dibutuhkan,” kata guru bimbingan belajar asal Kabupaten Agam tersebut.

Yulia berharap ke depannya, pemerintah dapat mengontrol harga cabai, karena merupakan satu kebutuhan pokok yang tidak bisa digantikan.

Baca Juga:  Ini Langkah Mentan Antisipasi Ancaman Kekeringan
loading...
loading...