Harga Cabai Lebih Mahal Dibanding Harga Daging Ayam di Yogyakarta


Pertanianku – Dalam dua bulan terakhir ini harga cabai terus merangkak naik. Seperti salah satunya di Yogyakarta, harga cabai terus mengalami kelonjakan yang signifikan. Bahkan, harga cabai keriting, cabai rawit, dan cabai besar di daerah tersebut lebih tinggi daripada harga daging ayam broiler.

Harga Cabai Lebih Mahal Dibanding Harga Daging Ayam di Yogyakarta

Sebagaimana melansir Republika (3/11) Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Provinsi DIY Yuna Pancawati, dari hasil survei harian tentang rata-rata harga kebutuhan pokok di tiga pasar (Beringharjo, Demangan, dan Kranggan) belum lama ini harga cabai merah keriting mencapai Rp52.333 per kg, cabai merah besar Rp54.000 per kg, cabai rawit hijau Rp30.333 per kg, dan rawit merah Rp44.333 per kg. Sementara itu, harga ayam broiler hanya Rp29.667 per kg.

Jika dibandingkan dua bulan lalu, harga cabai rawit khususnya cabai rawit merah mengalami peningkatan dua kali lipat, yakni dari Rp18.333 per kg kini menjadi Rp44.333 per kg.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY Arofa Noor Indriani mengatakan tingginya harga cabai di DIY karena ketersediaan cabai agak berkurang. Hal ini disebabkan oleh kegagalan panen akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan ini.

Produksi cabai di Yogyakarta hanya 25% untuk kebutuhan lokal dan 75% untuk kebutuhan di luar Yogyakarta. Menurut Arofa, para petani cabai lebih banyak menjual cabai dari Yogyakarta ke Jakarta karena harga di sana tinggi.

Baca Juga:  Ratusan Ton Ikan Mati Mendadak di Waduk Jangari
loading...
loading...