Harga Cabai Meningkat Dua Kali Lipat Akibat Cuaca Ekstrem

Pertanianku – Sebulan terakhir cuaca ekstrem melanda Sumatera Utara. Hal ini menyebabkan melonjaknya harga komoditas pangan di Medan. Kelonjakan harga terutama terjadi pada bawang merah yang dalam sepekan terakhir ini mengalami kenaikan yang signifikan hingga mencapai dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Harga Cabai Meningkat Dua Kali Lipat Akibat Cuaca Ekstrem

Saat ini harga cabai merah di pasar tradisional Kota Medan menembus angka Rp76.000/kg. Padahal, seminggu sebelumnya harga cabai merah hanya sekitar Rp40.000/kg. Dalam sepekan terakhir, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Medan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Seperti di pasar tradisional Bhakti Medan, harga cabai merah yang semula hanya Rp40.000/kg, hanya dalam waktu sepekan, terus mengalami kenaikan harga yang begitu signifikan hingga berkisar Rp76.000/kg.

“Ini akibat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi dalam sebulan terakhir di Wilayah Sumatera Utara terutama pada daerah-daerah penghasil pertanian, seperti Kabupaten Karo dan Deli Serdang. Sehingga, banyak petani di daerah itu gagal panen dan berkurang produksi tanamannya,” ungkap pedagang cabai merah Bernad Ginting seperti dikutip Okezone (17/10).

Menurut pedagang di pasar tersebut, sehari sebelumnya harga cabai merah hanya Rp60.000/kg setelah lima hari sebelumnya telah mengalami kenaikan harga dari Rp40.000/kg. Namun, hari ini harga cabai merah menembus harga Rp76.000/kg.

Di sisi lain, akibat cuaca buruk yang tidak menentu, harga komoditas sayur mayur di pasar tradisional Kuningan Jawa Barat juga mengalami kenaikan harga yang signifikan. Seperti harga cabai merah dijual Rp60.000/kg yang biasanya dijual dengan harga Rp30.000/kg.

Kenaikan harga cabai disebabkan oleh pasokannya yang berkurang dan terjadi banjir di sejumlah daerah sehingga petani cabai gagal panen. Harga sayur mayur di Pasar Baru Kuningan Jawa Barat, mengalami kenaikan yang sangat signifikan bahkan mencapai 50%.

Kenaikan terjadi pada komoditi cabai merah melambung tinggi akibat cuaca buruk. Cabai merah yang semula dijual Rp30.000/kg kini mencapai Rp60.000/kg. Selain cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan dari harga Rp18.000/kg kini mencapai Rp60.000/kg.

“Sejumlah pedagang di Pasar Kuningan, mengeluhkan harga sayur mayur, karena pedagang mengalami sepi pembeli dan kerugian akibat barang dagangannya seperti cabai merah cepat layu dan membusuk. Para pedagang biasanya menjual cabai merah hingga sepuluh kilo perharinya kini hanya bisa menjual 2—3 kg saja per harinya,” tutur salah satu pedagang, Asih.

Selain cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan dari harga Rp18.000/kg mencapai Rp25.000/kg. Sementara itu, harga komoditas sayuran seperti tomat dan bawang merah rata-rata naik Rp2.000/kg.

loading...
loading...