Harga Cabai Merah di Medan Tembus Rp90.000/Kg


Pertanianku – Harga cabai di beberapa daerah Indonesia mengalami kenaikan yang sangat beragam. Seperti sejumlah pasar tradisional di Medan, Sumatera Utara harga cabai merah kembali naik. Faktor kenaikan harga ini diduga dipicu oleh langkanya cabai merah yang masuk ke daerah tersebut.

Harga Cabai Merah di Medan Tembus Rp90.000/Kg

Salah satu pedagang Pasar Petisah, Latifa Situmorang mengatakan, kenaikan harga ini terjadi sejak tiga hari lalu. Saat ini, cabai merah menyentuh harga Rp90.000 per kg dari sebelumnya Rp55.000 per kg.

“Kosong barangnya, enggak ada cabai. Yang dari Jakarta enggak datang barangnya. Dari Brastagi juga enggak ada. Jadi sekarang pakai stok ajalah,” ucap Latifa, sebagaimana dilansir dari Republika (3/11).

Latifa mengatakan, tingginya harga ini membuat para pembeli mengurangi jumlah cabai merah yang mereka beli. Hal ini pun, lanjutnya, kemudian berpengaruh pada jumlah cabai yang mereka jual.

“Sejak naik, pembeli jadi ngurangin cabai yang dibeli. Misalnya, biasanya setengah kilogram jadi satu ons,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pedagang lain, Nur. Menurutnya pada musim kemarau yang terjadi di Brastagi, Karo, membuat cabai merah semakin sulit didapat. Dari Brastagi inilah, pasokan terbesar cabai merah di Kota Medan dan kabupaten/kota lain berasal.

“Cabai dari gunung (Brastagi) habis karena nggak hujan di sana berapa bulan ini. Apalagi nggak ada pasokan dari Jakarta jadi naiklah harganya,” lanjut Nur.

Untuk mengatasi masalah kelangkaan barang ini, Nur mengaku mengambil cabai merah dari sentra produksi yang lain.

“Untung ada cadangan dari petani-petani cabai di Medan dan Pantai Labu, Deli Serdang,” ujar Nur.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Republika, untuk cabai hijau di sejumlah pasar tradisional saat ini berada di harga Rp40.000 per kg. Harga ini mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp24.000 per kg. Peningkatan harga pun terjadi pada cabai rawit. Jika beberapa hari yang lalu, komoditas ini dijual Rp30.000 per kg, saat ini, cabai rawit dijual Rp60.000.

Baca Juga:  Stok Pupuk Bersubsidi Dipastikan Aman

Bawang merah juga terpantau mengalami kenaikan harga dari Rp28.000 kini menjadi Rp40.000 per kg. Sementara untuk bawang putih, harganya masih stabil di harga Rp35.000 per kg.

loading...
loading...