Harga Cabai Merah di Tasikmalaya Bisa Turun Satu Bulan Lagi

Pertanianku – Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan salah satu daerah yang turut berpengaruh pada tingginya harga cabai merah. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penyuplai cabai di Kota Tasikmalaya Asep Winarma mengakui adanya kenaikan harga untuk bulan November. Namun, Asep menilai harga cabai dapat kembali turun sekitar satu bulan ke depan.

harga-cabai-merah-di-tasikmalaya-bisa-turun-satu-bulan-lagi

Asep mengimbau masyarakat jangan panik jika saat ini harga cabai di kota resik itu cenderung naik. Pasalnya, hal itu disebabkan ketidakadaan stok cabai dari petani. Dengan begitu, harga cabai per kilogram pun melonjak ke angka tertinggi di kisaran Rp50.000 per kg.

“Harga 45 ribu—50 ribu per kg yang kualitas bagus cabai merah lokal. Naiknya karena barang tidak ada, sebentar lagi juga sekitar dua minggu ada barang lagi, bisa turun deh secara bertahap,” kata Asep, seperti dilansir Republika (10/11).

Bahkan Asep memprediksi harga cabai bulan depan bisa ada di kisaran Rp 20 ribu. Hal itu baru bisa terjadi jika asumsi ketersediaan cabai mencukupi kebutuhan. Berdasarkan pengalamannya, di awal bulan November memang stok cabai cenderung menipis.

“Sudah biasa kalau awal bulan sebelas itu suka mahal, coba saja liat grafiknya. Sekitar sebulan lagi bisa turun, bahkan harganya anjlok ke bawah Rp20.000 per kg karena stok banyak,” tutup Asep.

loading...
loading...