Harga Cabai Rawit di Jember Masih Tinggi

0

Pertanianku – Hingga saat ini, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di beberapa daerah seperti di Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih bergejolak. Harga cabai di pasar tradisional daerah tersebut berkisar Rp95.000—Rp100.000 per kilogram (kg).

“Harganya masih tetap mahal selama beberapa pekan terakhir, dan saya menjual cabai rawit merah sebesar Rp100.000 per kg,” kata Munir salah seorang pedagang cabai di Pasar Tanjung Jember, baru-baru ini seperti dilansir Antaranews (31/1).

Menurut Munir masih mahalnya harga cabai rawit di Jember karena pasokan dari petani berkurang akibat cuaca buruk yang menyebabkan petani gagal panen sehingga persediaan cabai di pasaran juga menipis.

“Para pedagang juga tidak membeli stok cabai yang terlalu banyak karena komoditas bahan baku pembuat sambal tersebut mudah busuk sehingga dengan mahalnya harga cabai maka pedagang juga mengurangi pembelian,” tambahnya.

Munir mengatakan bahwa harga cabai rawit sempat turun beberapa hari terakhir, tetapi penurunannya tidak signifikan berkisar Rp1.000 hingga Rp2.000 per kg dan penurunan itu biasanya tidak lama.

“Harga cabai rawit turun selama sehari hingga dua hari, kemudian kembali naik lagi dan kini harganya masih cenderung tinggi yang diprediksi akan berlangsung selama beberapa pekan ke depan,” ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan pedagang sayur keliling di salah satu perumahan di Kecamatan Kaliwates, Tatik menjual cabai rawit merah sebesar Rp2.000 per bungkus sudah beberapa pekan terakhir karena mahalnya harga cabai rawit di pasaran.

“Biasanya kalau harga cabai rawit normal, per bungkus dijual sebesar Rp1.000, namun sudah beberapa pekan terakhir harga cabai rawit dijual sebesar Rp2.000 per bungkus yang isinya juga tidak terlalu banyak,” ujar Tatik.

Menurutnya operasi pasar cabai yang digelar Bulog Jember sejauh ini masih belum memengaruhi harga cabai di pasaran karena harga cabai masih cenderung tinggi di Kabupaten Jember.

“Sepertinya operasi pasar cabai tidak berpengaruh terhadap harga cabai di pasaran karena harga cabai masih menembus Rp100.000 per kg,” ungkapnya.

loading...
loading...