Harga Daging Kerbau di Malaysia Lebih Murah dari Indonesia

0

Pertanianku – Salah satu upaya menekan harga daging di Indonesia, pemerintah dalam hal ini Perum Bulog, mengimpor daging kerbau beku dari India. Impor terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini. Bulog juga rutin memantau harga daging kerbau asal India yang juga turut mengekspor ke Malaysia.

Harga Daging Kerbau di Malaysia Lebih Murah dari Indonesia

Direktur Pengadaan Bulog, Wahyu, mengatakan pihaknya sejak beberapa hari lalu mengirimkan beberapa orang untuk menyambangi beberapa pasar daging serta importir daging kerbau di negeri jiran tersebut. Hasilnya, harga daging kerbau yang dijual di pasar-pasar Malaysia umumnya masih lebih murah ketimbang yang dijual Bulog.

“Saat kami mulai mengimpor daging kerbau India, banyak pendapat bahwa daging kerbau di Malaysia lebih murah dari yang kita jual. Karena itu, kami turunkan tim untuk telusuri harga daging kerbau India, dari gudang importirnya sampai pasar-pasar,” kata Wahyu, seperti dilansir DetikFinance (6/10).

“Hasilnya, ternyata harga daging kerbau di pasar-pasar Malaysia lebih murah dari yang kita jual eceran. Harga daging kerbau setiap kilogram di Malaysia dijual di kisaran RM 16,5 atau kisaran Rp52.800. Untuk harga grosir paling murah RM 14,5 atau Rp46.400,” jelas Wahyu

Sementara itu, Bulog sendiri menjual daging kerbau dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp65.000 per kg.

Wahyu mencontohkan, harga daging kerbau India yang dijual di Pasar Borong Selangor, harga daging kerbau jenis knuckle setiap kilogramnya dijual RM 17 atau Rp53.941 (kurs Rp3.137), top side RM 17 atau Rp53.329, silverside RM 16 atau Rp50.192, tenderloin RM 25 atau Rp78.425, dan blade RM 16 atau Rp50.192.

Namun demikian, lanjutnya, setelah ditelusuri harga daging kerbau di gudang importir Malaysia, Bulog rupanya membeli dari pemasok yang sama dari India dengan harga yang lebih murah.

“Ada 7 eksportir India yang memasok daging kerbau ke Malaysia dengan harga US$ 3,55 per kg. Sementara Bulog mendapatkan daging dari 10 eksportir India dengan harga US$ 3,50 per kg, artinya kita lebih murah harganya dari importir sebesar 5 sen dolar AS,” tutup Wahyu.

loading...
loading...