Hei Wanita! Yuk, Konsumsi Kubis Agar Terhindar Kanker Payudara

Pertanianku – Kubis atau biasa disebut kol merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia. Kubis memiliki dua warna, yaitu putih kehijauan dan ungu. Kubis ungu sering disajikan sebagai salah satu bahan untuk salad, sup, acar dengan rasa yang enak.

hey-wanita-yuk-konsumsi-kubis-agar-terhindari-dari-kanker-payudara

Manfaat kubis sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan. Salah satunya, dapat menjauhkan penyakit kanker payudara jika rutin mengonsumsi kubis.

Kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat berbahaya bagi wanita. Kanker payudara ini dipicu oleh banyaknya zat-zat radikal bebas, zat-zat karsinogen, dan juga pola hidup yang tak sehat. Oleh karena itu, pola hidup yang sehat menjadi hal yang mutlak dilakukan agar terhindar dari penyakit ini.

Salah satu langkah pencegahan kanker adalah menjaga pola makan yang sehat. Ini dimulai dengan makan makanan yang sehat dan mampu mengurangi risiko kanker payudara. Nah, salah satu sayuran yang terbukti mampu mencegah kanker payudara adalah keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, selada, dan pok choy.

Sayuran ini mengandung senyawa kimia yang bernama sulforaphane, yakni salah satu jenis senyawa yang dapat mencegah dari bahaya kanker termasuk kanker payudara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, sulforaphane terbukti mampu membunuh sel kanker dan tidak memengaruhi sel-sel yang normal.

Yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sayuran ini adalah jangan memasak kubis terlalu matang. Tak lupa juga untuk mencuci bersih kubis dan sayuran lain dari kotoran. Yuk, konsumsi kubis dan sayuran kaya sulforaphane secara rutin dan dapatkan manfaatnya.

loading...
loading...