Herbal Cara Tepat Mengatasi Pendarahan Menstruasi

0

Pertanianku – Menurut Mayo Foundation for Medical Education and Research, 18% wanita subur mengalami pendarahan tidak normal. Kondisi tidak normal ini antara lain pendarahan berlebih atau masa menstruasi panjang, dan dalam istilah medis disebut Menorrhagia.

herbal-untuk-pendarahan-menstruasi

Kondisi tidak nyaman karena faktor perubahan hormon dalam tubuh seorang wanita merupakan sebuah kewajaran. Pengaruh hormon reproduksi wanita baik itu estrogen maupun progesteron menjadikan tubuh seorang wanita menstruasi mengalami sedikit perubahan hormonal secara alamiah. Stress oksidatif, kelelahan, diet ketat, dan sering mengonsumsi makanan kimiawi merupakan faktor yang mempengaruhi pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Berikut herbal yang dapat dikonsumsi untuk menghentikan pendarahan menstruasi.

  • Raspberry Merah

Senyawa di dalam buah raspberry merah adalah makanan alami yang dapat menghentikan pendarahan saat menstruasi. Campur buah ini pada segelas air panas dan biarkan selama 90 menit. Saring dan sajikan  untuk diminum rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Kayu Manis

Rempah dapur satu ini sudah dipercaya oleh masyarakat China kuno sebagai cara alami menghentikan pendarahan haid. Campurkan kayu manis ke dalam seduhan teh untuk diminum secara teratur.

  • Makanan Kaya Magnesium

Pada umumnya, kekurangan magnesium ternyata bisa juga membuat menstruasi berlangsung lebih lama dari biasanya. Jika ingin kondisi kembali normal, makanlah makanan yang mengandung magnesium tinggi, seperti semangka, labu, kedelai, alpukat, oatmeal, dan sebagainya.

  • Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung kaya vitamin B1, B2 dan C serta mengandung kalsium, potasium, sodium dan zat besi. Kulit manggis mampu menyembuhkan penyakit pendarahan haid karena mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas.

  • Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung antivirus, antibakteria, anti inflamasi dan antiperadangan. ke empat jenis zat ini sangat cocok untuk menyembuhkan penyakit pendarahan haid karena dapat membunuh virus dan bakteri lalu mencegah peradangan dan dapat memperbaiki pembulu darah.

loading...
loading...