Ikan Salmon Turunkan Risiko Serangan Jantung


Pertanianku – Ada kabar baik bagi Anda yang sering mengonsumsi ikan salmon, atau para pecinta sushi. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa konsumsi lemak ikan salmon dalam jumlah tinggi yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Ikan merupakan sumber makanan utama dari asam lemak omega-3, termasuk asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosapentaenoic (DPA), dan docosahexaenoic acid (DHA).

Ikan Salmon Turunkan Risiko Serangan Jantung

Temuan tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang sering mengonsumsi ikan salmon efektif menurunkan risiko terkena serangan jantung sebanyak 10%.

“Hasil penelitian ini mendukung pentingnya konsumsi ikan dan sumber omega-3 sebagai bagian dari diet yang sehat,” ucap Dariush Mozaffarian peneliti dari Tufts University di Boston, Amerika Serikat, seperti dilansir dari medicaldaily.com.

Ikan berlemak seperti salmon, trout, ikan teri, sarden, dan herring mengandung jumlah tertinggi asam lemak omega-3, meskipun rata-rata semua jenis ikan mengandung asam lemak omega-3. Selain asam lemak omega-3, ikan juga kaya akan protein, vitamin D, selenium, dan berbagai mineral lainnya.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 19 studi dari 16 negara yang melibatkan 45.637 peserta. Dari jumlah tersebut, 7.973 orang mengidap serangan jantung, termasuk mengakibatkan 2.781 kematian dan 7.157 kasus serangan jantung yang tidak fatal.

“Kami sangat menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi sumber asam lemak omega 3 terutama dari ikan dan biji-bijian untuk menurunkan risiko serangan jantung,” tutur Mozaffarian.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...