Indonesia Harus Majukan Teknologi di Sektor Pertanian


Pertanianku – Komoditas pangan seperti bawang dan cabai pada awal tahun ini terus mengalami kenaikan. Tingginya harga beberapa komoditas pangan dikarenakan pemerintah belum mampu memenuhi kebutuhan beberapa komoditas pangan seperti cabai dan bawang.

inilah-daftar-harga-pangan-di-awal-2017

Namun, pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto J. Siregar mengatakan langkah yang harus diambil pemerintah bukan impor.

“Impor itu nggak diharamkan cuma kalau impor itu kan nggak bisa cuma sedikit, 3—4 kuintal. Kan harus banyak gitu ya sekaligus. Jadi nggak mudah juga. Menurut saya kalau cabai enggak perlu impor,” kata Hermanto, seperti dikutip Okezone (4/1/2017).

Hermanto mengatakan bahwa solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi di bidang pertanian.

“Solusinya itu teknologi. Jadi kalau dalam budidaya sebetulnya gampang kalau pemerintah serius. (Dengan teknologi) menanam itu kan bisa di dalam rumah kaca. Rumah kaca itu kan di dalamnya kan lingkungannya bisa dikontrol dan nggak kena hujan, suhunya optimal, kelembapannya optimal,” lanjut Hermanto.

Hermanto menuturkan dengan rekayasa ruang panen melalui rumah kaca tersebut bisa membuat panen lebih sering dilakukan. Dengan begitu, ketersediaan pasokan bahan pangan akan terjaga.

Baca Juga:  Kementan Bangun Kawasan Pertanian Modern Serpong
loading...
loading...