Industri Mesin Pertanian RI Dukung Kedaulatan Pangan

0

Pertanianku – Guna mendukung pemerintah dalam hal kedaulatan pangan, industri mesin pertanian lokal diharapkan turut serta berpartisipasi pada program tersebut. Hal ini disampaikan Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan.

Industri Mesin Pertanian RI Dukung Kedaulatan Pangan

“Karena mekanisasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kegiatan pertanian secara efisien,” kata Gunawan belum lama ini saat menghadiri Pameran Produksi Indonesia 2016 (PPI) di Surabaya, Jawa Timur, sebagaimana dilansir dari Okezone (28/10).

Gunawan menambahkan, bahwa kebutuhan alat-mesin pertanian terus bertambah setiap tahun sehingga pemerintah memberikan bantuan sebanyak 83.000 alat-mesin pertanian kepada kelompok tani dan masyarakat pada tahun anggaran 2016.

“Tingkat komponen dalam negeri industri alat-mesin pertanian dalam negeri relatif cukup tinggi, yang sebagian besar telah 40%,” ucap Gunawan.

Beberapa mesin pertanian yang telah mampu diproduksi industri dalam negeri antara lain pintu air, pompa air, traktor tangan, mesin pengolah tanah, mesin penebah atau panen, penyemprot tanaman, dan penyemprot bertekanan.

Selain itu, telah diproduksi pula pengabut gendong bermotor (mist blower), pengering, perontok multiguna, pengupas gabah, pengayak (shifter), penyosoh (rice polisher), pemutih, penghancur jerami, pemotong rumput, serta unit pengolah beras.

loading...
loading...