Industri Minyak Kelapa Sawit


Pertanianku – Tanaman kelapa sawit dapat diolah menjadi minyak sawit. Minyak itulah yangdisebut Crude Palm Oil (CPO). Prospek pasar minyak sawit masih sangat cerah karena masih tingginya permintaan dunia. Permintaan akan produk olah lainnya pun meningkat. Hal tersebut ditandai dengan luas areal tanaman sawit yang terus berkembang dengan pesat di Indonesia.

industri-minyak-kelapa-sawit

Produk yang dapat dihasilkan dari minyak sawit sangat luas dengan intensitas modal dan teknologi yang bervariasi. Beberapa tahun terakhir ini terlihat semakin berkembangnya jenis industri hilir (downstream industry) yang berfungsi menambah barang setengah jadi dan barang jadi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor.

Beberapa produk yang dihasilkan dari pengembangan minyak sawit, di antaranya minyak goreng, mentega, dan kue/biskuit, bahan baku industri lain (oleokimia), dan bahan pembuatan biodiesel. Adapun produk oleokimia-nya, seperti fatty acid, fatty alkohol, glycerine, metalic soap, stearic acid, methyl ester, dan stearin.

 

Sumber: Buku Mengelola Kebun Kelapa Sawit

Baca Juga:  Sensasi Kopi Rasa Tembakau, Bagaimana Rasanya Ya?
loading...
loading...