Ingin Awet Muda? Minum Secangkir Kopi Setiap Hari!

0

Pertanianku – Meminum kopi setiap hari menjadi gaya hidup sebagian masyarakat, terlebih masyarakat di perkotaan. Demam kopi bahkan menjalar ke anak muda.

Bisa dikatakan saat ini menjamur kedai-kedai kopi. Namun, jangan terburu-buru menganggap kopi hanya sebagai gaya hidup.

Pasalnya, penelitian baru-baru ini mengungkap manfaat mengonsumsi kopi yang terbukti dapat mencegah penuaan dini. Studi yang dilakukan tim Stanford University ini menemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat melindungi tubuh dari peradangan yang terkait dengan usia.

“Kami menemukan bahwa kafein dapat mencegah berbagai penyakit antara lain penyakit jantung, kanker, kepikunan hingga depresi,” ujar ilmuwan seperti dilansir laman Menshealth.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis sampel darah orang berusia 20-an dan mereka yang berusia di atas 60 tahun. Pada masing-masing kelompok umur, peneliti membagi keduanya dengan kategori penyuka kopi dan kelompok yang tidak mengonsumsi kopi.

Peneliti menemukan bahwa peserta yang jarang mengonsumsi kopi memiliki aktivitas lebih tinggi dari gen yang terkait dengan produksi protein inflamasi tertentu, disebut IL-1-beta.

Tingginya konsentrasi protein inflamasi ini, menurut peneliti, meningkatkan risiko berbagai penyakit karena peradangan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker hingga diabetes.

Sementara itu, pada kelompok yang rutin mengonsumsi kopi, konsentrasi protein IL-1-beta cenderung rendah sehingga melindungi mereka dari risiko berbagai penyakit.

“Kami menemukan bahwa kafein mencegah produksi protein inflamasi IL-1-beta yang menghasilkan efek inflamasi atau peradangan dalam tubuh mereka,” tambahnya.

Meski demikian, peneliti mengatakan bahwa ada batas-batas konsumsi kopi yang memberikan manfaat, yaitu cukup dua cangkir kopi per harinya.

loading...
loading...