Ingin Memelihara Anjing, Tapi Rumah Kecil? Kenapa Tidak?

Pertanianku – Memiliki hewan peliharaan di rumah, bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Hal ini karena memelihara hewan kesayangan, serasa memiliki teman bermain di rumah. Terlebih saat Anda memelihara anjing. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak orang yang suka dan menyayangi anjing sehingga menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah.

Ingin Memelihara Anjing, Tapi Rumah Kecil? Kenapa Tidak?

Biasanya terdapat beberapa kendala saat ingin memelihara anjing di rumah. Salah satu kendalanya adalah karena rumah yang kecil atau tidak terlalu luas. Apakah mungkin memelihara anjing di rumah yang kecil?

Jika Anda dan keluarga merupakan penyayang binatang dan berencana untuk merawat anjing di rumah, seperti dikutip dari Rumah.com, inilah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan.

  1. Persetujuan anggota keluarga di rumah

Sebelum Anda ingin memelihara anjing, pastikan semua orang di rumah memiliki pendapat dan keinginan yang sama mengenai adopsi anjing. Hal ini karena anjing akan membutuhkan perhatian. Jadi, Anda juga perlu mengajak anak-anak untuk menyayanginya.

Disamping itu, semua anggota keluarga juga diharapkan dapat meluangkan waktu untuk merawat, memberi makan, bermain, dan mengajak anjing yang diadopsinya berjalan-jalan di luar rumah.

  1. Pilih anjing kecil

Sebelum memutuskan untuk memelihara, tentukan jenis anjing peliharaan yang sekiranya akan nyaman ketika tinggal di rumah Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di rumah yang berukuran kecil, tentu kurang cocok memaksakan diri untuk memiliki anjing berukuran besar.

Anjing bertubuh besar pastinya membutuhkan cukup ruang untuk bergerak dan tentu saja akan lebih nyaman tinggal di rumah dengan halaman belakang yang luas. Bagi pemilik rumah kecil, pertimbangkanlah untuk mengadopsi anjing yang juga berukuran kecil seperti jack russell terrier dan chihuahua.

  1. Periksa kesehatan anjing

Sebelum memelihara, pastikan Anda mengecek kesehatan anjing yang ingin diadopsi. Tanyakan kepada petugas di tempat penampungan hewan apakah anjing tersebut pernah sakit dan divaksinasi.

Sebelum dibawa pulang ke rumah, periksakan anjing tersebut ke dokter hewan. Ini karena dokter mungkin akan menyarankan vaksinasi tambahan untuk melindungi hewan peliharaan Anda.

  1. Bersiap untuk mengatur pengeluaran baru

Anjing yang sehat dan bersih adalah anjing yang bahagia. Untuk mewujudkannya, ada banyak hal yang perlu dilakukan dan cukup menguras biaya.

Walaupun rumah Anda berukuran kecil, Anda perlu membangun atau menyediakan area tertentu di rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman bagi hewan peliharaan. Anda juga harus mengetahui biaya yang akan dikeluarkan untuk kunjungan rutin ke dokter hewan, vaksinasi, dan perawatan di salon anjing.

  1. Selalu mengawasi

Rawatlah hewan peliharaan dengan baik dan perlakukan seperti anggota keluarga. Selain itu, jangan pernah meninggalkan anjing di dalam ataupun di luar rumah seorang diri.

loading...
loading...