Ingin Mempercantik Pekarangan Rumah, Yuk Budi Daya Pisang-Pisang

0

Pertanianku – Tahukah Anda tanaman pisang-pisang? Pisang-pisang merupakan salah satu tanaman hias yang masih satu keluarga dengan pisang. Sekilas tak ada perbedaan antara pohon pisang dan pisang-pisang.

Ingin Mempercantik Pekarangan Rumah, Yuk Budi Daya Tanaman Pisang-Pisang

Dari segi ukuran, pisang-pisang berpohon kecil tidak seperti pohon pisang yang memanjang. Pisang-pisang sangat mudah beradaptasi dengan semua jenis tanah sehingga bisa ditanam di mana saja. Jika Anda berminat membudidayakannya, berikut panduan budi daya tanaman pisang-pisang.

Pembibitan

Langkah awal untuk melakukan budi daya tanaman pisang-pisang, yaitu pembibitan. Bibit pisang-pisang berasal dari indukan tanaman. Bibit tersebut perlu dilakukan pemisahan dengan indukannya. Pisahkan bibit dan indukan dengan hati-hati. Jangan lupa untuk menyertakan bagian akarnya supaya bibit cepat tumbuh dengan baik. Letakkan bibit di tempat basah dan lembap jika tidak langsung ditanam.

Penanaman

Siapkan media tanam dari campuran tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1). Selanjutnya, tanam bibit di media tanam. Pastikan seluruh akar sampai 5 cm di atas pangkal batang tertutup tanah. Padatkan areal sekitar tanaman dan siram agar bibit tumbuh dengan baik.

Perawatan

Perawatan pada pisang-pisang sama seperti tanaman pada umumnya. Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin. Lakukan penyiangan jika diperlukan. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pupuk. Kegiatan ini dilakukan setelah tanaman berusia di atas 1 bulan serta harus rutin dilakukan setiap bulannya.

loading...
loading...