Ingin Menjaga Kesehatan Ginjal? Yuk, Konsumsi Buah Ini!

0

Pertanianku – Menjaga kesehatan adalah wajib selama manusia hidup. Salah satu organ tubuh yang harus dijaga agar tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik adalah ginjal. Menjaga fungsi ginjal tetap sehat merupakan hal penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Untuk mencegah terkena penyakit batu ginjal, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan ini. Berikut buah yang harus Anda konsumsi secara rutin untuk menjaga ginjal tetap sehat seperti dilansir dari Okezone (23/11).

Apel

ingin-menjaga-kesehatan-ginjal-konsumilah-buah-ini-1

Apel kaya akan anti-oksidan, rendah kalium, dan dikemas dengan senyawa anti-inflamasi sehingga berperan penting meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, pectin yang terdapat pada apel secara signifikan menurunkan risiko kerusakan ginjal dari waktu ke waktu.

Lemon

ingin-menjaga-kesehatan-ginjal-konsumilah-buah-ini-2

Mulailah mengonsumsi segelas jus lemon secara rutin setiap hari. Hal ini karena lemon dapat membantu mendetoksifikasi racun dari tubuh. Minum jus lemon juga meningkatkan fungsi ginjal dengan menurunkan tekanan terhadapnya. Selain itu, anti-oksidan dalam lemon juga berperan penting menjaga ginjal tetap sehat.

Anggur

ingin-menjaga-kesehatan-ginjal-konsumilah-buah-ini-3

Anggur mengandung resveratol, yaitu senyawa anti-inflamasi yang hadir di kulitnya. National Kidney Foundation bahkan menganjurkan mengonsumsi setidaknya 15 buah anggur setiap hari untuk meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Semangka

ingin-menjaga-kesehatan-ginjal-konsumilah-buah-ini-4

Semangka berperan sebagai agen detoksifikasi alami karena kandungan air dan mineral yang tinggi. Hal ini akan membantu membersihkan racun dari tubuh dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, dan kesehatan secara keseluruhan.

Cranberry

ingin-menjaga-kesehatan-ginjal-konsumilah-buah-ini-5

Selain mencegah infeksi saluran kemih, cranberry juga membantu menjaga ginjal tetap sehat. Cranberry rendah kalium dan tinggi anti-oksidan yang mendetoksifikasi asam urat berlebih dari tubuh. Selain itu, makan cranberry setiap hari juga menurunkan risiko batu ginjal karena rendahnya kadar oksalat dan kalium.

loading...
loading...