Ingin Pelihara Hamster? Perhatikan Dulu Hal Ini

0

Pertanianku – Memelihara dan beternak hamster menjadi sebuah peluang usaha yang tidak bisa diremehkan. Terlebih yang diternakkan adalah jenis hamster dengan bulu yang indah. Harga yang ditawarkan pun juga cukup tinggi. Selain itu, perawatan hamster tidak cukup sulit untuk dilakukan. Jadi, beternak hamster bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang tertarik membuka usaha peternakan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memeliharanya.

Pemilihan corak

Hamster memiliki banyak corak dan juga ciri-ciri tertentu di tubuhnya. Untuk Anda yang masih awam dan memiliki keinginan untuk beternak hamster, ada baiknya memulai budidaya dengan memilih warna yang bagus dan jenis hamster yang agak galak. Hal ini bertujuan hamster tersebut bisa lebih aktif dan mampu berkembang biak dengan baik.

Selain itu, disarankan untuk memilih jenis hamster winter white karena menurut pengalaman ini bisa dan bagus untuk digunakan sebagai dasar indukan. Adapun jenis tersebut terbilang cukup jinak, tetapi pergerakannya sangat lincah dan yang tidak kalah penting jenis ini memiliki nafsu makan yang bagus.

Untuk indukan jantan, Anda bisa memilih hamster dengan ciri bokong yang besar karena konon ciri hamster jantan dengan bokong yang besar tersebut subur.

Kandang hamster

Bagi Anda yang ingin beternak hamster, selain memilih jenis, ada baiknya juga mempertimbangkan ketersediaan kandang yang akan digunakan. Di luar sana ada berbagai macam jenis kandang hamster yang bisa Anda pilih dengan desain yang unik dan menarik, meskipun harganya juga tidak murah.

Apabila ingin lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan wadah-wadah besar yang tidak terpakai seperti box es krim atau bisa juga akuarium bekas yang pasti hamster tersebut tidak bisa keluar. Akan tetapi, Anda juga harus membuat kondisi kandang yang nyaman untuk hamster. Misalnya saja untuk alas kandang hamster yang bagus menggunakan serbuk kayu dan sedikit pasir. Ini bertujuan agar kondisi kandang tidak bau keringat ataupun bau kencing dari hamster karena sudah terserap oleh alas kandang tersebut.

Yang terpenting adalah kita harus rajin membersihkan kandang hamster agar tetap terlihat rapi dan juga kesehatan hamster tetap terjaga. Idealnya, pembersihan kandang dilakukan sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Pakan hamster

Hamster sendiri biasanya menyukai biji-bijian seperti kuaci, jagung, taoge, ataupun jenis biji-bijian yang lainnya. Jika Anda kesulitan mendapatkan makanan hamster, sudah banyak penjual makanan hamster di luar sana yang bisa dengan mudah kita temui. Namun, perlu diingat, dalam memberikan makanan, hamster harus dibatasi karena hamster ini akan memakan makanan yang ada sampai dia kekenyangan dan bisa berakibat buruk pada kondisi fisiknya. Dia bisa menjadi malas bergerak dan bisa terkena lumpuh.

Perkawinan

Hamster termasuk hewan yang berpoligami. Jadi, kita bisa mengawinkan hamster jantan satu dengan banyak betina sekaligus. Akan tetapi, ada baiknya saat proses perkawinan diberikan kandang tersendiri untuk menghindari perkelahian.

Pemeliharaan saat hamil

Ciri-ciri jika hamster Anda hamil bisa dilihat dari bentuk perutnya yang semakin membuncit dan bulat. Selain itu, perilakunya juga akan lebih agresif dari biasanya. Jika sudah seperti itu, perawatan yang bisa kita lakukan adalah memisahkan sang betina di kandang tersendiri sampai dia melahirkan bayinya. Biasanya, seekor hamster bisa melahirkan sampai 8 bayi hamster sekaligus. Sebaiknya, peletakan kandang hamster yang hamil dan yang sudah melahirkan berada jauh dari keramaian.

loading...
loading...