Ingin Sehat? Makanlah Buah Bengkuang


Pertanianku – Bengkuang (Pachyhirus erosus) merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis yang berasal dari Amerika tropis. Daging buah bengkuang berwarna putih dengan kulit agak cokelat.

Ingin Sehat? Makanlah Buah Bengkuang

Bengkuang adalah sejenis umbi-umbian yang umumnya dimanfaatkan sebagai campuran dalam rujak buah, asinan buah, bahkan menjadi bahan baku utama pembuatan body lotion. Selain itu, buah satu ini cukup populer di Indonesia.

Buah bengkuang mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk tubuh jika rutin dikonsumsi. Selain harganya yang cukup terjangkau, buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air.

Tanaman bengkuang akan membentuk akar yang melingkar dan beratnya bisa mencapai 5 kg. Kulit luarnya berwarna agak kekuningan, sedangkan daging buahnya berwarna putih. Kandungan utama dari buah ini adalah gula, pati, kalsium, dan fosfor. Berikut beberapa manfaat bengkuang untuk kesehatan.

Bengkuang mengandung cukup banyak vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menjauhkan berbagai jenis pernyakit. Selain itu, vitamin C juga merupakan sumber anti-oksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam mencegah radikal bebas.

Selain vitamin C, bengkuang juga mengandung cukup banyak vitamin B1 yang bermanfaat mencegah penyakit beri-beri. Manfaat bengkuang yang lain adalah sebagai pencegah dehidrasi karena di dalamnya mengandung cukup banyak air. Fakta lain dari bengkuang yang cukup mengejutkan adalah kemampuannya mencegah penyakit jantung dan stroke. Mengonsumsi buah bengkuang secara rutin dapat membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ternyata bengkuang juga mengandung zat fitoestrogen yang sangat berguna bagi wanita menopause. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah bengkuang dapat mencegah kita dari beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dan kanker kolon.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Khasiat Ajaib dari Buah Naga

Manfaat bengkuang yang lainnya adalah dapat membantu tubuh menurunkan kadar glukosa. Selain itu, bengkuang juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Jika rutin mengonsumsi bengkuang, dapat menjauhkan kita dari risiko diabetes. Bahkan, bagi Anda yang sedang menjalani diet, mengonsumsi bengkuang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 

loading...
loading...