Ingin Sehat? Yuk, Konsumsi Buah Srikaya!


Pertanianku – Pasti Anda mengenal buah srikaya bukan? Meskipun tidak sepopuler buah lainnya, srikaya ternyata juga memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi, lho. Kandungan yang terdapat di dalam buah srikaya sangatlah baik untuk tubuh seperti kalsium, magnesium, besi, niasin, dan potasium dapat menuai ragam manfaat kesehatan, termasuk menangkal anemia.

Buah satu ini biasanya dikonsumsi dengan cara dijus agar lebih segar. Namun, bagi Anda yang ingin memakannya secara langsung juga diperbolehkan, semua tergantung selera masing-masing. Yuk, langsung saja kita lihat beberapa manfaat buah srikaya yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, seperti dilansir Boldsky.

Menangkal kanker

Berkat kandungan acetogenin dan alkaloid, srikaya dapat menangkal ragam jenis kanker. Buah ini dikenal sebagai suplemen herbal untuk mengobati beberapa jenis tumor dan kanker.

Menunjang kesehatan kardiovaskular

Srikaya mengandung natrium dan kalium yang baik untuk membantu mengontrol dan mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Kadar magnesium dalam tubuh dapat memperlancar otot-otot jantung dan mencegah risiko sakit stroke dan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan C dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Riboflavin dan vitamin B2 dalam srikaya juga dapat menghancurkan radikal bebas, serta melindungi mata dari alergi.

Baik untuk kehamilan

Bagi ibu hamil, makan srikaya juga bermanfaat untuk mengembangkan sistem saraf, otak, dan sistem kekebalan tubuh pada janin secara efektif. Tak hanya itu, srikaya dapat menimalkan risiko keguguran dan meredakan nyeri saat melahirkan.

Mencegah anemia

Srikaya merupakan buah yang baik untuk mencegah anemia karena kandungan zat besi yang benar-benar efektif. Srikaya juga berfungsi sebagai stimulan, pendingin, ataupun ekspektoran sehingga dapat menangkal anemia.

Baca Juga:  Khasiat Sarang Walet dalam Semangkuk Sup
loading...
loading...