Ingin Sehat? Yuk, Konsumsi Lemon!


Pertanianku – Lemon merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi. Pasalnya, lemon memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Buah lemon memiliki rasa yang asam, tetapi sangat menyegarkan. Terlebih, jika Anda meminum segelas lemon yang dicampur air hangat pada pagi dan sore hari.

ingin-sehat-yuk-konsumsi-lemon

Berikut beberapa manfaat lemon bagi kesehatan.

  • Meningkatkan pencernaan

Sebenarnya dalam beberapa kasus, lemon bisa memperburuk masalah dengan perut Anda. Ini karena asam sitrat dalam lemon dapat menyebabkan sakit perut dan kram. Jadi, bagaimana mungkin minum jus lemon bisa meningkatkan pencernaan?

Ada sebuah studi dari sekitar tiga dekade lalu yang menunjukkan asam sitrat dapat menyerap aluminium hidroksida. Sifat asam pada lemon mendukung lingkungan yang optimal dalam perut.

  • Meningkatkan penyerapan mineral

Vitamin C ditemukan dalam jus lemon telah terbukti meningkatkan penyerapan mineral. Dan vitamin C dapat ditemui dalam buah-buahan dan sayuran, termasuk lemon.

  • Detoks

Salah satu manfaat terbesar dalam lemon adalah membantu detoksifikasi tubuh. Dengan anti-oksidan yang disebut d-limonene, yang juga ditemukan dalam jeruk di bagian kulitnya. D-limonene mengaktifkan enzim dalam hati yang merupakan tahap 1 dan 2 proses detoksifikasi. Proses ini mengambil senyawa dalam hati yang beracun dari sel, dan mengonversikannya ke versi non-berbahaya atau kurang bahaya. Racun tersebut bisa berasal dari kafein untuk ibuprofen.

Dalam satu liter jus lemon tanpa kulit mengandung rata-rata 100 miligram d-limonene. Para peneliti memperkirakan dosis aktif limonene adalah 500 mg. D-limonene adalah senyawa menarik yang bekerja meringankan penyakit refluks gastro-esofagus (GERD).

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...