Ingin Tabulampot Berbuah Lebat? Ini Tipsnya!


Pertanianku – Menanam buah dengan media pot, saat ini menjadi alternatif pilihan bagi orang yang hobi berkebun. Pasalnya, banyak masyarakat perkotaan yang enggan untuk berkebun disebabkan oleh keterbatasan lahan yang ada. Oleh karena itu, tabulampot hadir sebagai alternatif pilihan yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang memiliki pekarangan sempit tetapi ingin memiliki tanaman buah di rumah.

Tata Cara Membuahkan Tabulampot dengan Pupuk Bokashi

Memiliki tanaman buah di dalam pot alias tabulampot adalah suatu kesenangan tersendiri. Apalagi, jika tabulampot yang kita tanam berbuah lebat dan tumbuh dengan subur. Tabulampot biasanya diletakkan di pekarangan rumah dan bisa dirawat secara intensif.

Namun, tidak sedikit dari Anda yang mengalami kesulitan bagaimana merawat tanaman-tanaman tersebut agar tumbuh subur dan berbuah lebat. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin tabulampot berbuah dengan lebat. Berikut penjelasannya.

  • Menyiapkan media tanam untuk tabulampot seperti tanah, sekam padi/serbuk gergaji, dan pupuk kompos. Campurkan semua bagian media tanam sampai merata.
  • Siram media tanam dengan air.
  • Masukkan media ke dalam pot dan istirahatkan selama 14 hari.
  • Setelah media diistirahatkan selama 2 minggu, bibit tanaman buah sudah bisa kita pindah tanam ke pot.
  • Lakukan penyiraman secara rutin. Usahakan jangan sampai kekeringan dan terlalu basah. Pangkas tanaman bila terlalu rimbun atau terdapat bagian tanaman yang rusak. Gunakan pestisida yang ramah lingkungan untuk menangani hama dan penyakit. Pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dipastikan tabulampot yang Anda tanam akan berbuah dengan lebat. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Tips agar Tabulampot Rajin Berbuah dan Lebat
loading...
loading...