Ingin Terhindar Stroke? Konsumsilah Buah Apel


Pertanianku – Siapa yang tidak suka apel? Hampir semua orang pasti menyukainya. Bagaimana tidak, buah ini memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung air. Seperti yang kita ketahui bersama, buah ini memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya untuk mencegah stroke. Benarkah demikian?

ingin-terhindar-stroke-konsumsilah-buah-apel

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda, untuk mengetahui manfaat buah apel yang sebenarnya. Hasil penelitian tersebut diterbitkan oleh Journal of American Heart Association. Para peneliti berhasil menemukan fakta yang cukup menarik, yaitu apabila kita makan banyak buah dan sayuran dengan daging berwarna putih contohnya apel, dapat menghindarkan kita dari pernyakit stroke.

Buah apel merupakan salah satu makanan tinggi serat dan juga kaya akan anti-oksidan. Serat dari buah apel baik bagi kesehatan pencernaan, sedangkan anti-oksidan yang terkandung dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh serta mampu mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak.

Warna putih pada daging buah ini mengandung senyawa phytochemical yang bermanfaat seperti karotenoid dan flavonoid. Zat tersebut dapat mencegah stroke.

Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, kita cukup mengonsumsi setidaknya 25 gram apel setiap harinya. Dengan demikian, kita bisa mengurangi risiko 9% lebih rendah terkena penyakit stroke.

Setiap satu buah apel memiliki berat rata-rata 120 gram. Itu artinya untuk menghindari penyakit stroke kita cukup mengonsumsi 1 buah apel setiap hari secara rutin. Pernyataan tersebut ditegaskan oleh Linda M. Oude Griep, M.Sc. dari Wageningen University di Belanda.

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan
loading...
loading...