Ini Dia Alasan Burung Cucak Rowo Menjadi Primadona


Pertanianku – Burung cucak rowo merupakan burung yang sedang digandrungi oleh para pecintanya. Burung ini memiliki ekor agak panjang yang membuatnya semakin indah. Namun, jika memelihara burung cucak rowo, Anda harus rela mengeluarkan uang yang cukup banyak. Pasalnya, burung ini terkenal memiliki harga yang lumayan tinggi. Harga burung cucak rowo akan semakin tinggi jika burung ini sering memenangkan kontes. Burung cucak rowo yang sering memenangkan kontes nasional harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Ini Dia Alasan Burung Cucak Rowo Menjadi Primadona

Di Indonesia banyak didapati daerah yang beternak burung cucak rowo karena dianggap akan mendatangkan profit yang besar. Daerah-daerah tersebut seperti Medan, Kalimantan, Mojokerto, dan Malang.

Bisnis beternak burung cucak rowo mulai banyak diminati oleh masyarakat karena nilai jualnya yang sangat tinggi. Terlebih penggemar burung cucak rowo tidak hanya di satu tempat saja. Hampir setiap daerah di Indonesia terdapat penggemar burung ini.

Beternak burung cucak rowo tidak boleh sembarangan. Terlebih untuk membudidayakan dan merawatnya cukup sulit. Anda harus benar-benar menguasai cara pemeliharaannya dengan baik. Apabila Anda tidak melakukannya dengan baik, akan berujung pada kerugian yang cukup besar.

Untuk membudidayakannya, faktor paling penting adalah Anda harus menghasilkan bibit burung cucak rowo yang berkualitas. Oleh karena itu, diperlukan indukan yang memiliki mutu dan kualitas tinggi. Salah satu strateginya adalah dengan memilih indukan yang sering memenangkan kontes burung. Kriteria pemilihannya seperti pilihlah suara burung yang paling bagus, perhatikan pemilihan postur indukan agar anakan yang dihasilkannya nanti mengikuti postur tubuh indukan yang sempurna.

Setelah mendapatkan indukan yang baik, Anda perlu menyiapkan kandang yang ideal dan sesuai dengan burung cucak rowo. Kandang yang ideal untuk indukan cucak rowo adalah dengan panjang 2 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter. Ukuran kandang tersebut hanya untuk sepasang cucak rowo saja. Satukan kedua indukan dan rawat hingga bertelur dan menghasilkan anakan cucak rowo yang berkualitas.

Dalam memelihara burung cucak rowo, yang paling penting adalah konsisten dan tekun. Pemberian pakan burung cucak rowo harus tepat untuk menghasilkan anakan cucak rowo yang berkualitas. Cucak rowo sangat senang makan pisang dan pepaya. Untuk menambah nutrisi, cucak rowo bisa diberi jangkrik dan cacing.

loading...
loading...