Ini Dia Cara Kementan Kendalikan Hama Secara Alami

Pertanianku – Pemerintah melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), menerapkan program Pengendalian Hama Terpadu (PHT) guna mengurangi pemakaian pestisida pada tanaman. Pemerintah yakin dengan menerapkan sistem ini dapat menjaga keselamatan lingkungan.

ini-dia-cara-kementan-kendalikan-hama-secara-alami

Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Dwi Iswari, mengatakan, salah satu sistem PHT adalah preemtif. Preemtif merupakan perencanaan agroekosistem yang tahan atau toleran terhadap OPT.

Perencanaannya, yakni pengolahan lahan, pemilihan dan perlakuan benih atau varietas yang tahan, pergiliran tanaman atau varietas, penanaman tanaman refugia, tanam serentak, eradiksi sumber serangan, pemanfaatan musuh alami atau agen hayati, dan pemupukan berimbang.

Selain itu, kata Dwi, menanam varietas yang tahan dengan kondisi juga perlakuan benih atau seed treatment. Perlakuan benih menurut Dwi, tidak harus dengan pestisida, tapi juga dengan alami, misalnya dengan menggunakan garam.

“Benih padi direndam dahulu dengan garam tiga sendok kecil per liter. Benih yang mengapung dibuang untuk menghindari penyakit blas sejak dini, karena penyakit blas terbawa benih. Sekaligus membersihkan benih,” kata Dwi seperti dilansir Jitunews.

Kemudian Dwi mengingatkan, untuk mengendalian hama penyakit secara alami dan preemtif juga harus dilakukan pengamatan dini. Kegiatan itu tidak hanya diserahkan kepada petugas, tapi juga petani.

“Pemerintah membantu jika terjadi eksplosi. Pengamatan dini di lapangan seharusnya dilakukan petani dan petugas,” jelas Dwi.

loading...
loading...