Ini Dia Fakta Unik Pohon Pisang


Pertanianku – Pisang merupakan buah yang cukup digemari di Indonesia. Buah yang berbentuk panjang dan berwarna kuning atau hijau ini memiliki rasa yang sangat lezat dan mengenyangkan. Buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan diet. Buah pisang bisa dimakan langsung ataupun dibuat olahan seperti pisang goreng, kolak, kue pisang, bolu, dan masih banyak lainnya. Namun, tahukah Anda dari mana pisang berasal?

Ini Dia Fakta Unik Pohon Pisang

Pohon pisang memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh pohon lain. Berikut beberapa fakta unik pohon pisang yang wajib Anda ketahui.

  1. Pohon pisang hanya berbuah sekali, lalu mati

Pohon pisang hanya tumbuh satu tandan. Setelah berbuah, ia kemudian mati. Namun, pohon pisang menciptakan tunas baru sebelum akhirnya mati. Siklus ini berlangsung selama sepuluh tahun.

  1. Pohon pisang tidak akan mati sebelum menghasilkan tunas dan buah

Meskipun ditebang berkali-kali, pohon pisang akan tetap hidup jika belum berbuah. Ia akan tumbuh kembali dan menghasilkan buah. Ia juga akan menciptakan tunas yang akan tumbuh menggantikannya. Baru setelah itu, pohon pisang bisa mati ketika ditebang.

  1. Pohon pisang memiliki batang yang dapat diolah menjadi makanan

Pohon pisang memiliki batang yang basah berair. Masyarakat Jawa menyebutnya gedebok. Di dalam gedebok terdapat cadangan energi. Tidak seperti batang kayu pada umumnya, batang pohon pisang tidak keras dan justru basah berair. Bagian tengah batang pohon pisang kadang digunakan sebagai lauk pendamping nasi. Terutama saat masa penjajahan dulu, masyarakat seringkali membuat sayur bonggol pisang.

  1. Pohon pisang hidup di tempat yang lembap

Tanaman pisang senang hidup di tempat yang tanahnya lembap dan terbuka serta mudah terkena sinar matahari. Namun, tanaman pisang tidak tahan hidup pada tempat yang tergenang air. Genangan air akan memungkinkan timbulnya berbagai penyakit sehingga mengakibatkan akar-akar pada tanaman pisang dapat membusuk.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini

Itulah beberapa informasi mengenai fakta menarik pohon pisang.

loading...
loading...