Ini Dia Manfaat Mengonsumsi Rebung

Pertanianku – Rebung adalah tunas dari tanaman bambu yang masih muda dan lunak. Rebung biasanya akan diambil dari pohon bambu yang masih berukuran kecil. Di Indonesia rebung banyak dikonsumsi dan diolah menjadi sayur yang sangat lezat.

Biasanya masyarakat yang mencari rebung adalah masyarakat yang tinggal di pedesaan. Namun, masyarakat yang tinggal di kota-kota besar bisa mendapatkan rebung di pasar-pasar tradisional. Harga rebung sendiri pun sangatlah murah.

Rebung tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi jika kita mengonsumsi rebung banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Ini karena rebung mengandung zat yang baik bagi tubuh seperti asam amino, protein, karbohidrat dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa manfaat rebung untuk kesehatan yang masih jarang diketahui:

Mencegah kanker

Serat yang terkandung di dalam rebung cukup baik untuk mengurangi risiko kanker pada tubuh manusia, terutama kanker pada saluran pencernaan. Jika diibaratkan, serat yang terkandung di dalam rebung berguna sebagai pembersih zat-zat pengotor dan penyebab kanker yang ada pada saluran pencernaan.

Mencegah penyakit stroke

Tunas dari pohon bambu ini kaya akan kandungan kalium. Sekitar 400 mg kalium terkandung di dalam rebung sehingga berguna mengurangi risiko penyakit stroke. Sebab, penderita stroke biasanya mengalami defisiensi mineral.

Menurunkan kadar kolesterol

Rebung mengandung anti-oksidan yang bernama fitosterol yang baik untuk tubuh dan berguna sebagai penangkal radikal bebas yang berbahaya bagi manusia.

Demikianlah beberapa manfaat rebung untuk kesehatan. Mulailah saat ini memasukkan rebung ke dalam daftar menu harian Anda karena begitu banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika mengonsumsinya.

loading...
loading...