Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Suka Makan Apel

0

Pertanianku – Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan sering mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan sendiri sangat banyak macam dan jenisnya serta memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ada yang berguna untuk kecantikan kulit, ada juga yang berdampak pada kebugaran tubuh.

Apel adalah salah satu buah yang paling banyak disukai masyarakat terutama anak-anak. Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics mengatakan kalau di antara buah yang lain, apel-lah yang paling baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang berusia 2—19 tahun.

Berikut beberapa fakta buah apel yang wajib Anda ketahui.

Kulit apel memiliki peranan penting

Kebanyakan, serat di apel itu ditemukan di bagian kulitnya. Mengacu pada Academy of Nutrition and Dietetics, kadar serat di apel juga ditemukan di bagian kulitnya. Apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat. Kalau dikurangi bagian kulit, kandungan seratnya hanya 2,1 gram.

Apel mengandung anti-oksidan yang berbeda

Penelitian yang dilakukan di Kanada menunjukkan kalau kandungan apel di berbagai varian itu berbeda, apabila berkenaan dengan kadar anti-oksidan. Dari 8 varian apel yang dijadikan sampel, jenis red delicious adalah yang paling tinggi kandungan anti-oksidannya, sedangkan jenis empire adalah yang paling rendah.

Mengunyah apel bisa mencegah gigi berlubang

Menurut American Dental Association, hal itu dikarenakan apel mengandung air dengan kadar yang cukup tinggi dan serat yang bisa menyeimbangkan kandungan gula. Selain itu, apel juga berperan sebagai pembersih gigi alami.

Apel mengurangi risiko terserang penyakit kronis

Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau apel punya peranan penting dalam menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kronis. Jajaran penyakit itu di antaranya kanker, serangan jantung, asma, diabetes, dan alzheimer.

Mengonsumsi apel membantu mencapai berat badan ideal

Bukan hanya karena punya kadar kalori yang rendah, melainkan apel juga kaya akan serat. Penelitian yang dilakukan Universitas Washington State pada 2014 menemukan sebuah bakteri di dalam kandungan apel yang bisa mengurangi risiko peradangan kronis dan meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu, Anda bisa tetap punya berat badan ideal.

Sebagai buah yang sangat populer, apel memang menjadi pilihan banyak masyarakat untuk dikonsumsi. Setelah melihat beberapa fakta tentang buah apel, pastilah Anda semakin yakin untuk sering mengonsumsinya bukan?

loading...
loading...