Ini yang Akan Terjadi Jika Pemberian Pupuk Daun Tidak Tepat

Pertanianku – Tanaman tidak cukup dengan hanya memberikan pupuk untuk menunjang pertumbuhannya. Saat daun sudah tumbuh lebat, juga diperlukan pemberian pupuk daun. Penggunaan pupuk daun sangat dianjurkan pemakaiannya. Namun, memberikan pupuk daun tidak bisa sembarangan. Pasalnya, jika pengaplikasian pupuk daun tidak tepat, akan berdampak buruk bagi tanaman itu sendiri.

Teknik Tepat Pemupukan Tanaman Lewat Daun

Biasanya, salah pakai pupuk daun disebabkan oleh pemilik kurang mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk pengaplikasian. Hal ini sudah banyak dialami oleh para petani yang mengaplikasikannya. Penggunaan yang berlebihan contohnya, dosis dan takaran sangat mempengaruhi respons pada tanaman. Mereka akan langsung merasakan melalui mulut daun sebagai media utama, sistem kerjanya hampir sama pada perakaran, yaitu sama-sama menyerap unsur hara.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk pemakaian pada label pupuk daun, kemudian waktu yang tepat kapan untuk memberikannya pada tanaman. Disarankan untuk Anda meneliti terlebih dahulu tanaman apa yang sedang ditanam. Penggunaan pupuk daun biasanya digunakan hanya untuk jenis tanaman hias dan tanaman pangan.

Sebagai contoh, jika Anda menanam tanaman hias dan bunganya rontok atau daun menguning, itu karena Anda memberikan dosis yang berlebihan. Kelebihan dosis bukan karena pencampuran larutan per cc dan larutan per liter air, melainkan terlalu sering diberikan tanpa jeda waktu pada tanaman. Biasanya, tanaman membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk menyerap dan menguraikan secara sempurna.

Tanaman yang diberikan pupuk daun membutuhkan perlakuan khusus. Mereka membutuhkan perhatian Anda ketika proses pembungaan berlangsung. Tanaman hias contohnya, jangan sekali-kali Anda memberikan pupuk daun ketika tanaman sedang berbunga. Pasalnya, jika itu Anda lakukan, bunga yang sedang mekar akan rontok dan mengering.

Berikut beberapa tindakan salah dalam aplikasi pupuk daun.

  • Jangan berikan pupuk daun ketika tanaman sedang berbunga. Ini berlaku pada semua tanaman.
  • Jangan berikan pupuk daun dengan dosis tinggi.
  • Tambah pengetahuan Anda dalam pengaplikasian pupuk daun dengan bertanya pada petani yang sudah berpengalaman. Ini karena banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan pemberian pupuk daun.
loading...
loading...