Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Produk Organik

Pertanianku – Kesadaran masyarakat akan penggunaan produk pertanian dengan menggunakan sistem organik pada proses produksinya mulai tumbuh. Ini terbukti dengan berbagai macam produk organik seperti sayuran dan buah-buahan laris manis di pasaran.

Sebenarnya yang dinamakan dengan produk organik adalah hasil produksi yang bebas mengandung pupuk kimia, pestisida sintetis, rekayasa genetika, ataupun radiasi selama proses produksinya. Biasanya ciri yang paling bisa dilihat dari produk organik ini adalah tercantumnya daerah asal produk dalam setiap kemasannya.

Selain keamanan produk organik yang terjamin, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan mengapa mulai saat ini kita harus menggunakan produk organik, antara lain:

  • Kandungan nutrisi pada produk organik lebih terjaga dan benar-benar bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.
  • Rasa yang lebih enak dan segar daripada produk yang menggunakan bahan-bahan kimia dalam proses produksinya.
  • Produk organik bebas dari neurotoksin yang bisa merusak sel-sel otak dan syaraf manusia secara bertahap sehingga produk organik sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak.
  • Sesuai dengan hasil survei, produk organik lebih bisa bertahan lama ketika disimpan daripada produk yang bersinggungan dengan bahan kimia yang rentan akan proses oksidasi.
  • Aroma produk organik biasanya cenderung lebih khas dan segar daripada produk dengan bahan kimia sehingga ketika dikonsumsi akan lebih nikmat.

Disamping keuntungan apabila kita mengonsumsi produk organik, ternyata ada keuntungan lain yang bisa diperoleh secara umum yaitu:

  • Secara ekonomi, kita dapat membantu meningkatkan ekonomi para petani organik yang dengan susah payah membuat produknya bebas kontaminasi bahan kimia.
  • Mengurangi tingkat pencemaran tanah, air, dan udara akibat penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan terhadap produk non-organik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudah selayaknya kita mengonsumsi produk-produk organik. Tidak hanya hidup secara sehat yang kita dapatkan, tetapi juga bisa membantu kelestarian alam khususnya tanah terhadap pengaruh buruk bahan-bahan kimia.

loading...
loading...