Inilah Alasannya Anda perlu Konsumsi Buah Beserta Kulitnya


Pertanianku – Manusia membutuhkan buah dan sayur sebagai vitamin. Terlebih dengan mengonsumsi buah dan sayur tubuh akan menjadi sehat dan daya tahan tubuh pun bagus. Untuk itulah kita harus mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Inilah Alasannya Anda perlu Konsumsi Buah Beserta Kulitnya

Biasanya saat makan buah, Anda pasti mengupas kulitnya. Padahal, tahukah Anda bahwa makan buah beserta dengan kulitnya bisa menyehatkan tubuh. Berikut informasi selengkapnya.

Warna-warni kulit buah mengandung zat phytochemical di dalamnya. Zat ini tak hanya membuat kulit buah jadi cantik, tetapi juga dapat mempercantik kulit karena mampu menjaga keseimbangan nutrisi dalam kulit.

Tak hanya daging buahnya saja, kulit buah kaya akan sumber anti-oksidan seperti tanin, antosianin, cathechin, xanthin, dan lutein yang mampu membuat kulit bercahaya, mencegah penuaan dini, serta memerangi radikal bebas.

Kulit buah mengandung serat larut yang merupakan solusi alami untuk mencegah sembelit. Beberapa kulit buah lainnya seperti apel mengandung pektin yang mengontrol kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Tak banyak yang tahu bahwa kulit buah mengandung mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang tinggi seperti pada jeruk yang tinggi vitamin C, zat besi, dan kalium.

Baru-baru ini sebuah penelitian membuktikan bahwa kulit buah markisa memiliki efek bronkodilator yang bermanfaat mendukung kesehatan tubuh penderita asma.

Kulit anggur mengandung resveratol yang merupakan fitokimia untuk mendukung kesehatan jantung serta mencegah kanker. Selain itu, kulit buah persik mengandung vitamin A dan vitamin C. Kedua nutrisi ini merupakan zat anti-oksidan yang baik untuk memerangi peradangan dan mendukung kesehatan kulit.

Makan buah dengan kulitnya memang baik untuk kesehatan. Namun, pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu agar pestisida dan zat kimia lainnya yang menempel pada kulit buah hilang.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...