Inilah Cara Mengolah Brokoli dan Wortel yang Benar

Pertanianku – Bagi Anda pecinta makanan sehat, pasti sangat gemar mengonsumsi sayuran bukan? Seperti yang kita tahu brokoli dan wortel memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Namun, manfaatnya akan diperoleh secara maksimal jika cara mengolah kedua sayuran ini tepat. Jika mengolahnya sembarangan, manfaat yang akan Anda dapatkan pun tidak optimal.

Beberapa sayuran ada yang perlu diolah dengan cara dimasak terlebih dahulu baru dikonsumsi. Namun, ada beberapa bahan makanan yang lebih sehat dimakan tanpa dimasak. Brokoli dan wortel adalah salah satu sayuran yang lebih baik dikonsumsi dalam kondisi mentah. Meskipun demikian, Anda tidak boleh asal makan. Berikut cara mengolah kedua sayuran tersebut agar kandungan nutrisinya tidak terbuang sia-sia.

Brokoli

Inilah Cara Mengolah Brokoli dan Wortel yang Benar

Brokoli yang dimasak dalam suhu panas akan kehilangan enzim myrosinase. Enzim ini membantu membersihkan hati dari racun penyebab kanker. Bukan hanya brokoli, melainkan sayuran yang masuk dalam keluarga Brassica seperti kubis, kol, daun kale, dan kecambah adalah sayuran yang baik dimakan dalam keadaan mentah. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memasaknya. Jika Anda memutuskan ingin memasaknya boleh saja, tetapi jangan terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Wortel

Inilah Cara Mengolah Brokoli dan Wortel yang Benar

Wortel Lebih baik dimakan mentah. Sama seperti brokoli, apabila Anda ingin memakannya dalam kondisi matang, jangan terlalu lama memasaknya. Satu menit saja cukup untuk memasak wortel. Jika terlalu lama memasak wortel, polifenol dan vitamin C yang terkandung di dalamnya akan hilang. Kandungan ini berfungsi sebagai anti-oksidan yang kuat.

Mari memasak brokoli dan wortel dengan benar agar mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Tidak ada yang benar-benar baik antara dimasak atau dimakan mentah.

loading...
loading...