Inilah Daftar Tanaman Buah yang Bisa Ditanam dalam Pot


Pertanianku – Kegiatan bercocok tanam saat ini sedang tren dilakukan. Bahkan, masyarakat perkotaan kini tak lagi susah untuk melakukan kegiatan bercocok tanam. Hal ini karena bercocok tanam bisa dilakukan di berbagai media, salah satunya menggunakan media pot.

inilah-daftar-tanaman-buah-yang-bisa-ditanam-dalam-pot

Fungsi tanaman selain mempercantik pekarangan rumah, juga akan terkesan sejuk, terutama tanaman buah. Jika membudidayakan tanaman buah, Anda bersama keluarga dapat merasakan buah yang dipanen dari pohon yang ditanam sendiri.

Saat ini keterbatasan lahan bukan lagi menjadi alasan tidak bisa berkebun buah. Hanya saja perlu kreativitas dan perhatian khusus karena media tanam lebih sempit. Jangan sampai penanaman buah dalam pot yang sejatinya sebagai pohon perindang justru mengganggu aktivitas.

Bibit-bibit aneka tanaman buah ini bisa didapat dengan cara membeli di tempat penjualan bibit tanaman buah. Perlu diingat karena media tanam hanyalah pot, pilihlah aneka pohon buah yang bisa hidup dalam ruang sempit.

Biasanya para penjual bibit tanaman buah ini telah paham jenis apa saja yang bisa tumbuh dengan baik ketika hanya menggunakan pot. Mereka biasanya menyarankan untuk membeli pohon buah yang bisa berbuah meski ukurannya pohonnya relatif kecil.

Menanam pohon buah dalam pot itu tak ada bedanya dengan bercocok tanam di kebun. Hanya saja ukurannya yang relatif terbatas. Meski hanya menggunakan media pot, konsep dasarnya sama seperti pada umumnya.

Anda harus memerhatikan kecocokan jenis tanaman dengan lokasi ditanam. Jangan memaksakan sesuatu yang memang tidak sesuai karena hasilnya tidak akan baik. Sebagai contoh, tanaman yang biasa hidup di dataran tinggi pasti akan susah bila ditanam di dataran rendah, begitu pula sebaliknya. Namun, tetap harus dilakukan perawatan berkala seperti penyiraman dan pemupukan. Bila ada indikasi terserang penyakit tetap harus diambil tindakan.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Berikut beberapa pilihan tanaman buah yang bisa ditanam diarea pekarangan rumah:

  • Apel
  • Durian
  • Mangga
  • Kelengkeng
  • Rambutan
  • Jeruk nipis
  • Jambu biji
  • Jambu air
  • Sawo
  • Belimbing

Setelah mengetahui beberapa jenis pohon buah yang biasa ditanam dalam pot, kini ada baiknya untuk mendalami trik agar pohon tersebut bisa tumbuh maksimal dan menghasilkan buah terbaik. Kegiatan bercocok tanam sebenarnya gampang-gampang susah. Namun, jika kita menikmatinya pasti akan terasa mudah.

Dalam budidaya tanaman dalam pot yang harus sering dilakukan adalah memangkas batang atau mengurangi jumlah daun. Akan menjadi sangat aneh, bila lahan yang sempit malah dipenuhi rimbunnya dedauan.

loading...
loading...