Inilah Dampak Jika Rajin Konsumsi Avocado

0

Pertanianku – Buah yang memiliki tekstur lembut mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega 3 hingga serat tentunya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut juga dapat menurunkan berat badan.

Inilah Dampak Jika Rajin Konsumsi Avokad

Buah avocado atau sering juga disebut alpukat mengandung kalium, asam lemak omega 3, dan lutein. Selain itu, buah ini juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Anda dapat mengonsumsi buah alpukat dengan roti ataupun dijadikan sebagai camilan sehat.

Ada beberapa manfaat jika kita rutin mengonsumsi avocado. Berikut manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

  1. Membuat jantung lebih sehat

Untuk Anda yang rajin konsumsi avocado dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, tetapi avocado juga menurunkan risiko jantung secara keseluruhan. Avocado tinggi akan vitamin B6 dan asam folat yang mengatur homosistein. Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Journal Nutrition menemukan bahwa avocado dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan diabetes.

  1. Menyerap nutrisi

Buah bertekstur lembut ini memiliki kandungan lemak baik sehingga lebih mudah menyerap vitamin larut lemak seperti A, K, D, dan E. Vitamin-vitamin tersebut bersifat larut dalam lemak. Oleh karena itu, saat mengonsumsi alpukat, disarankan mencampurnya dengan beberapa bahan tambahan lainnya seperti sayuran hingga buah-buahan.

  1. Mengurangi risiko kanker

Avocado memiliki campuran anti-oksidan dan anti-inflamasi yang mampu memerangi kanker. Sebuah studi pada 2007 yang diterbitkan oleh Journal Seminars in Cancer Biology menemukan bahwa fitokima dalam avocado dapat menginduksi penangkapan siklus sel, menghambat pertumbuhan, dan menginduksi apoptosis sel pra kanker. Dengan kata lain, fitokimia dalam buah ini akan mendorong sel-sel kanker untuk berhenti tumbuh dan mati.

Selain itu, mengonsumsi avocado sangat bermanfaat bagi penderita kanker selama kemoterapi. Avocado mengandung vitamin E dan glutation. Efek dari kemoterapi dapat mengurangi pasokan penyimpanan glutation dalam tubuh. Mengonsumsi avocado adalah cara bagus mendapatkan perbaikan jaringan oleh bahan makanan yang mengandung anti-oksidan, termasuk glutation.

  1. Menurunkan kolesterol

Avocado mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena avocado kaya akan beta-sitosterol, yang merupakan senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Studi yang dilakukan pada 1996 dalam Journal Acives of Medical Research menemukan bahwa pasien dengan kolesterol tinggi yang menambahkan avocado ke dalam diet selama seminggu mengalami penurunan 22% kolesterol jahat dan trigliserida serta peningkatan 11% kolesterol baik.

  1. Menyehatkan mata

Satu ons buah avocado mengandung 80 mikrogram lutein. Lutein dan zeaxanthin merupakan dua mikronutrien yang penting untuk kesehatan mata. Keduanya merupakan senyawa anti-oksidan. Saat mengonsumsi anti-oksidan, Anda dapat menurunkan risiko kerusakan mata akibat usia.

Menambahkan avocado untuk diet harian Anda dapat melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan degenerasi makula. Kandungan lemak dalam avocado membantu tubuh menyerap lebih banyak karotenoid.

loading...
loading...